Mengenal Komponen Utama Pompa Air Tenaga Surya: Memahami Sistem

Sumber: canva

PATS menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan air di daerah yang sulit dijangkau oleh listrik PLN. Tak hanya hemat biaya, namun sistem ini juga ramah lingkungan karena mengandalkan sumber energi yang terbarukan. Komponen utama pompa air tenaga surya akan dijelaskan pada artikel ini.

Mengenal Komponen Utama Pompa Air Tenaga Surya

PATS terdiri dari beberapa komponen utama sebagai berikut:

  1. Panel surya menjadi sumber energi utama yang akan menggerakkan pompa air. Semakin besar kapasitas panel surya, semakin besar juga daya output yang dapat dihasilkan.
  2. Kontroler berfungsi sebagai alat pengatur daya listrik dari panel surya ke pompa air. Dengan adanya kontroler, sistem dapat menghasilkan daya listrik yang stabil dan terukur.
  3. Pompa air adalah komponen yang bertugas mengalirkan air dari sumber air ke tempat tujuan. PATS tersedia dalam berbagai tipe dan model. Pilihlah pompa air yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Sensor level air digunakan untuk mengukur ketinggian air di dalam sumur. Dengan mengetahui ketinggian air, sistem dapat mengatur pompa air agar tidak bekerja berlebihan atau kekurangan air.
  5. Tangki penyimpanan adalah wadah untuk menyimpan air yang sudah dialirkan oleh pompa air. Pada beberapa sistem, tangki penyimpanan dapat dihubungkan dengan sistem pengairan yang lain.
  6. Inverter berfungsi untuk mengubah arus searah (DC) dari panel surya menjadi arus bolak-balik (AC) yang dapat digunakan untuk pengaliran air.

Mengapa Pompa Air Tenaga Surya Menjadi Pilihan yang Tepat?

PATS memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya sebagai pilihan yang tepat, di antaranya:

  • Ramah lingkungan dan berkelanjutan.
  • Menghemat biaya listrik dan bahan bakar.
  • Mudah perawatannya.
  • Dapat digunakan di daerah yang terpencil dan sulit dijangkau oleh listrik PLN.

Penutup

Dengan memahami komponen utama pompa air tenaga surya, Anda dapat memilih tipe dan model yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya hemat biaya, namun sistem ini juga ramah lingkungan dan berkelanjutan. Hubungi Atonergi untuk mengetahui jenis PATS yang terbaik untuk kebutuhan Anda!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 1