Pompa Air Tenaga Surya vs Listrik : Mana yang Lebih Hemat?

pompa air tenaga surya vs listrik
Sumber: canva

Di Indonesia, pompa air menjadi kebutuhan pokok bagi orang yang tinggal di pedesaan atau di daerah yang airnya tidak mudah didapat. Dalam memilih pompa air, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah apakah lebih hemat menggunakan pompa air tenaga surya vs listrik.

Pompa Air Tenaga Surya

PATS adalah pompa air yang digerakkan oleh energi matahari. Cara kerjanya adalah dengan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi yang dapat digunakan untuk menggerakkan pompa air.

Keuntungan PATS

Berikut adalah keuntungan PATS:

  1. Hemat Biaya Listrik: PATS tidak memerlukan listrik untuk bekerja, sehingga penggunaannya dapat menghemat biaya listrik secara signifikan. 
  2. Ramah Lingkungan: Karena tidak menggunakan listrik, PATS tidak menghasilkan emisi karbon.
  3. Mudah Digunakan: PATS relatif mudah digunakan. Setelah dipasang, pompa ini dapat bekerja secara otomatis tanpa memerlukan perawatan yang rumit.

Pompa Air Listrik

PATL adalah pompa air yang menggunakan listrik untuk bekerja. Pompa ini dapat dipasang di rumah atau di ladang untuk mengeluarkan air dari tanah atau sumur.

Keuntungan PATL

Berikut adalah keuntungan PATL:

  1. Lebih Terjangkau: PATL relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan PATS.
  2. Tersedia Listrik: Di banyak daerah, listrik sudah tersedia dan dapat diakses dengan mudah. Ini membuat PATL menjadi opsi yang lebih mudah untuk digunakan.
  3. Stabil dan Dapat Diprediksi: PATL dapat bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi cuaca. 
  4. Lebih Fleksibel: PATL juga lebih fleksibel karena dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai dengan kebutuhan.

Mana yang Lebih Hemat: Pompa Air Tenaga Surya vs Listrik?

Jika membicarakan tentang mana yang lebih hemat antara PATS atau PATL, maka jawabannya bergantung pada beberapa faktor, seperti:

  1. Biaya Awal: PATS memerlukan biaya awal yang lebih mahal dibandingkan dengan PATL.
  2. Cuaca: PATS hanya dapat bekerja secara optimal jika mendapat sinar matahari yang cukup. Jika daerah Anda sering mendapat cuaca buruk atau mendung, PATS mungkin tidak akan bekerja dengan baik.
  3. Ketersediaan Listrik: Jika listrik sudah tersedia di daerah Anda, maka PATL mungkin menjadi opsi yang lebih mudah dan terjangkau.

Dalam jangka panjang, penggunaan PATS dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan listrik. Namun, untuk penggunaan jangka pendek, biaya awal untuk membeli PATS mungkin terlalu mahal.

Penutup

Secara keseluruhan, pompa air tenaga surya vs listrik masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. PATS lebih ramah lingkungan dan lebih hemat dalam jangka panjang, namun memerlukan biaya awal yang lebih mahal. Akan tetapi Anda dapat memilih PATS sesuai anggaran Anda dengan menghubungi Atonergi!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 57 − = 54