Cara Mengecek Kondisi PLTS Atap di Sekolah

Sumber: canva

Energi matahari dapat dimanfaatkan melalui panel surya yang umumnya dipasang pada atap bangunan. Di sekolah, penggunaan panel surya sering digunakan sebagai PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik di sekolah. Namun, diperlukan cek PLTS atap secara berkala untuk mengetahui kondisinya.

Cara Cek PLTS Atap di Sekolah, Bagaimana kondisinya?

Apa saya hal yang perlu di cek ketika melakukan pengecekan PLTS atap.

1. Cek Visual

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi PLTS atap di sekolah adalah dengan melakukan pemeriksaan visual. Cek apakah panel surya atau PLTS yang terpasang pada atap bangunan tampak rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada pemeriksaan visual ini antara lain:

a. Periksa panel surya atau PLTS secara menyeluruh

Periksa panel surya atau PLTS secara menyeluruh dengan memperhatikan apakah ada kerusakan pada bagian-bagian tertentu seperti kabel, tabung gas, baterai, dan sebagainya.

b. Cek Tegangan Panel Surya atau PLTS

Cek tegangan panel surya atau PLTS dengan menggunakan Multimeter atau alat pengukur yang lain. Tegangan yang dihasilkan panel surya atau PLTS harus dalam batas normal agar dapat berfungsi dengan baik.

c. Periksa Kondisi Kabel

Periksa kondisi kabel yang menghubungkan panel surya atau PLTS dengan baterai dan inverter. Pastikan tidak ada kabel yang terputus atau kabel yang mengalami kerusakan pada bagian tertentu.

2. Cek Kapasitas Baterai

Baterai merupakan salah satu bagian penting pada PLTS. Cek kapasitas baterai dengan menggunakan alat pengukur yang sesuai. Kapasitas baterai harus dalam batas normal agar PLTS dapat berfungsi dengan baik.

3. Cek Inverter

a. Periksa Tegangan Inverter

Periksa tegangan yang dihasilkan oleh inverter. Tegangan yang dihasilkan oleh inverter harus sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada inverter tersebut.

b. Periksa Kondisi Inverter

Periksa kondisi inverter secara menyeluruh, pastikan tidak ada bagian yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Inverter yang rusak dapat menyebabkan PLTS tidak berfungsi dengan optimal.

4. Cek Level Gas Tabung

Jika PLTS menggunakan tabung gas, pastikan level gas pada tabung masih mencukupi. Hal ini penting agar PLTS dapat berfungsi dengan baik.

5. Cek Riwayat Perawatan PLTS

Periksa riwayat perawatan PLTS yang telah dilakukan sebelumnya. Pastikan PLTS telah mendapat perawatan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

6. Hubungi Teknisi

Jika setelah melakukan pemeriksaan secara mandiri dan masih terdapat kerusakan atau masalah pada PLTS, segera hubungi teknisi yang ahli dalam bidang PLTS. Teknisi akan membantu melakukan perbaikan atau pemeliharaan PLTS agar kembali berfungsi dengan baik.

Penutup

Cek PLTS atap di sekolah merupakan hal yang penting agar PLTS dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan listrik yang optimal. Percayakan maintenance PLTS atap Anda pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 5 × = 15