Cara Pemasangan Panel Surya di Rumah yang Benar

Sumber: canva

Saat ini, penggunaan energi terbarukan semakin banyak dilirik masyarakat yaitu energi surya. Memasang panel surya di rumah bukan hanya membantu menghemat tagihan listrik, tapi juga membantu mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Tapi, banyak orang yang masih bingung tentang cara pemasangan panel surya .

Persiapan Sebelum Pemasangan

Sebelum memasang panel surya di rumah, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Menentukan Lokasi Pemasangan Panel Surya

Lokasi pemasangan panel surya sangat penting untuk menentukan efisiensi panel surya tersebut. Pastikan lokasi pemasangan panel surya mendapatkan sinar matahari dengan cukup, minimal 5 jam setiap hari. 

2. Menghitung Daya yang Dibutuhkan

Sebelum memasang panel surya, perlu dihitung terlebih dahulu berapa daya yang dibutuhkan. Jumlah daya ini akan menentukan berapa jumlah panel surya yang dibutuhkan. Caranya adalah dengan melihat tagihan listrik bulanan dan mencatat jumlah daya yang digunakan dalam satu bulan.

3. Memilih Jenis Panel Surya

Ada beberapa jenis panel surya yang bisa dipilih, seperti panel surya kristal silikon dan panel surya film tipis. Pilih jenis panel surya yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

4. Memilih Inverter

Inverter berfungsi untuk mengubah arus listrik searah (DC) yang dihasilkan panel surya menjadi arus bolak-balik (AC) yang bisa digunakan di rumah. Pilih inverter yang memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung daya dari panel surya.

Cara Pemasangan Panel Surya Yang Tepat

Setelah melakukan persiapan, maka saatnya melakukan pemasangan panel surya di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memasang Rangkaian Panel Surya

Pastikan rangkaian panel surya dipasang pada tempat yang terkena sinar matahari langsung dan terhindar dari bayangan. Letakkan panel surya pada rangkaian yang telah dipasang dan pastikan panel surya terpasang dengan kuat.

2. Memasang Inverter

Selanjutnya adalah memasang inverter. Letakkan inverter di tempat yang mudah dijangkau dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Sambungkan kabel DC dari panel surya ke inverter dan pastikan kabel terpasang dengan benar.

3. Memasang Kabel AC

Setelah kabel DC terpasang dengan benar, selanjutnya adalah memasang kabel AC. Kabel AC akan menghubungkan inverter ke sistem listrik rumah. Pastikan kabel AC terpasang dengan benar dan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

4. Melakukan Pengujian

Setelah semua terpasang dengan benar, lakukan pengujian untuk memastikan bahwa panel surya berfungsi dengan baik. Cek apakah panel surya mampu menghasilkan listrik dan apakah listrik tersebut dapat digunakan di rumah.

Kesimpulan

Pemasangan panel surya di rumah dapat membantu menghemat tagihan listrik dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Namun, perlu melakukan persiapan yang matang dan memahami cara pemasangan panel surya dapat berfungsi dengan maksimal. Percayakan pemasangan panel Anda pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 5 × = 35