Skema PATS Submersible

Begini Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) adalah sebuah teknologi terbarukan yang berbasis panel surya. Bagaimana cara kerja pompa air tenaga surya sehingga cukup efisienuntuk mengatasi kekurangan air bersih ? Cek ulasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Pompa Air Tenaga Surya?

Sesuai dengan namanya, Pompa Air Tenaga Surya merupakan pompa air yang menggunakan panel surya sebagai energi penggeraknya. 

Secara umum, pompa air tenaga surya bekerja tanpa menggunakan baterai,  dan hanya membutuhkan sinar matahari saja.

Sebagian wilayah terpencil di Indonesia atau daerah yang kesulitan sumber listrik dari PLN mulai menggunakan pompa air tenaga surya.

Pompa air tenaga surya dapat menjadi sumber mata air, sumur bor, maupun sumur dangkal. Dengan demikian kebutuhan masyarakat akan air pun dapat tercukupi. 

Menggunakan pompa air tenaga surya artinya Anda telah menghemat biaya pengeluaran untuk listrik. Terlebih lagi, biaya perawatan dan pemasangan PATS cukup terjangkau.

Di samping itu, memanfaatkan energi matahari sebagai penggerak listrik dapat mengurangi 900 ton COyang berada di udara. Serta memberikan dampak yang positif lainnya pada lingkungan.

Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya

Pada dasarnya cara kerja pompa air tenaga surya adalah menggunakan panel surya. Panel surya merupakan media yang dapat mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Sinar matahari yang tertangkap akan memuat arus listrik DC (searah) sebagai penggerak utama pompa.  Semakin tinggi intensitas cahaya matahari, semakin tinggi pula tegangannya.

Pada pompa air tenaga surya menggunakan pompa lorentz dengan dua pilihan, submersible pump (pompa celup) dan surface pump (pompa permukaan).

Begini cara kerja pompa air tenaga surya, yaitu :

Menggunakan Submersible Pump (Pompa Celup)

Submersible pump cara kerjanya dengan mendorong air dari sebuah titik sumber ke permukaan. Pompa celup dapat bekerja optimal jika tenggelam dan terendam di dalam air.

Untuk menghindari korsleting, maka permukaan pompa harus terbungkus dengan rapat. Pompa air submersible lebih efisien ketimbang jenis lainnya, sebab tidak boros energi untuk menarik cairan ke dalam.

Selain itu, jenis pompa ini dapat mencegah overheating karena air yang berada di sekitarnya.

Menggunakan Surface Pump

Berbeda dengan submersible pump, surface pump tidak terendam air. Pemasangan pompa ini berada di permukaan air. Sehingga lebih mudah pemasangan dan perawatannya.

Pompa jenis ini cocok untuk area terbuka, misalnya sungai, kolam yang memiliki kedalaman kurang dari 10 meter.

Baca Juga : Rekomendasi Pompa Air Tenaga Surya

Atonergi, Jasa Penyedia Pompa Air Tenaga Surya

Salah satu perusahaan yang menyediakan pompa air tenaga surya adalah Atonergi.   Atonergi berkomitmen untuk mendukung program penghematan energi dengan menawarkan terobosan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Dengan demikian, Kami siap untuk memfasilitasi penyediaan pompa air tenaga surya di daerah terpencil, maupun daerah yang belum terjamah oleh PLN.

Kami telah mendistribusikan layanan hampir di seluruh pelosok negeri, mulai sabang hingga merauke.

Jangan ragu, perusahaan Atonergi mempunyai teknisi handal, berpengalaman dan memiliki kualifikasi terbaik di bidangnya.  Yang siap membantu Anda menentukan PV sistem sesuai kebutuhan. Selain itu, tim Atonergi  juga akan membantu Anda menemukan parameter dan desain sistem yang efisien.

Kunjungi kami di sini untuk mendapatkan penawaran menarik lainnya. Jika ingin berkontribusi menyelamatkan bumi untuk masa depan, maka saatnya beralih ke panel surya. Ingat panel surya, ya ingat Atonergi.  Itulah informasi terkait cara kerja pompa air tenaga surya, semoga bermanfaat ya.