sumber energi listrik alternatif

Sumber Energi Listrik Alternatif

Halo Sobat Aton! Siapa yang disini tidak bisa lepas dari ketergantungan dengan listrik? Apa itu energi listrik? Energi listrik adalah energi yang dihasilkan dari pembangkit listrik melalui berbagai sumber bahan bakar, energi listrik ini sudah menjadi kebutuhan kita akan sehari-hari, listrik adalah sumber energi dari penerangan hingga memasak, kita mengandalkan listrik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan akan listrik semakin meningkat setiap tahunnya. Namun, kondisi ini membuat bahan baku energi listrik seperti fosil dan minyak bumi semakin menipis. Maka dari itu, Sobat Aton perlu menggunakan sumber energi listrik alternatif

Kira-kira, energi alternatif apa saja itu? Apakah Sobat Aton sudah tahu hal ini sebelumnya? Mari simak baik-baik artikel kali ini.

Apa itu energi alternatif?

Sebelum mengetahui energi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan listrik, Sobat Aton harus tahu apa itu energi alternatif.

Energi alternatif yaitu energi yang mampu untuk dimanfaatkan sebagai pengganti sumber energi yang tidak dapat diperbarui, seperti gas alam atau minyak bumi.

Sehingga sumber energi alternatif yang digunakan haruslah berasal dari sumber energi yang dapat diperbarui bahkan tidak bisa habis. Salah satu energi yang bisa diperbarui ini adalah sinar matahari, air, maupun angin. Sederhananya seperti itu.

Maka dari itu, mulai sekarang sobat Aton bisa memanfaatkan sumber energi listrik alternatif. Sobat Aton bisa melakukan instalasi energi alternatif untuk menghasilkan listrik dengan mudah saat ini.

Energi Alternatif yang Diandalkan untuk listrik

Apa yang dimaksud dengan energi alternatif? Sebutkan sumber energi alternatif yang dapat diubah menjadi energi listrik :

1. Air

Pertama, ada yang paling dekat dengan kita, Air. Air merupakan sumber kehidupan setiap individu manusia. Air tidak hanya digunakan untuk minum, namun air kini bisa menghasilkan energi listrik.

Kok bisa air diubah menjadi listrik? Air yang mengalir deras melalui peputar turbin akan menghasilkan listrik, proses ini dilakukan dengan melakukan instalasi PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)

Download Gratis Katalog PATS Atonergi Terbaru Disini

2. Angin

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, sudahkan sobat Aton tahu hal ini? Pembangkit listrik tenaga bayu ini merupakan energi alternatif yang dihasilkan dari angin untuk menghasilkan listrik.

Semilir angin yang biasanya terasa ini akan diubah menjadi energi listrik. Biasanya untuk merubah angin menjadi energi listrik ini menggunakan turbin angin, lebih tepatnya kincir angin. Kalau sobat Aton ingin melihat kincir angin, bisa melihat yang biasanya ada di Belanda.

Kalau di Indonesia sendiri, beberapa pembangkit listrik yang menggunakan sumber energi alternatif adalah ada di PLTA Tolo 1 di Jeneponto, Sulawesi Selatan, dan ada PLTA Sidrap.

Download Gratis Katalog PLTS Atonergi Terbaru Disini

4. Biomassa (Biomass)

Biomassa mengacu pada bahan organik seperti limbah pertanian, limbah kayu, atau biomassa tanaman yang dapat diubah menjadi energi melalui proses pembakaran atau fermentasi. Wah, ini cocok nih kalau diterapkan dipeternakan atau pertanian.

Baca Juga : Sumber Energi Alternatif Untuk Pertanian

5. Energi Geotermal (Geothermal Energy)

Energi geotermal berasal dari panas di dalam bumi. Ini dimanfaatkan melalui sumur geotermal yang memancarkan uap untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik.

6. Gelombang Air

Nah, yang ini mirip dengan yang pertama. Sama-sama menggunakan air, bedanya Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL) ini menggunakan gelombang air bukan aliran air. Gelombang laut ditangkap oleh mesin konversi energi gelombang laut. Energi kinetik yang dihasilkan oleh gelombang laut diteruskan ke turbin. Biasanya PLTGL ini berada di laut, karena memiliki gelombang air yang beda sehingga terjadi pasang surut yang signifikan untuk menggerakkan mesin.

7. Matahari

Terakhir, ada sumber energi alternatif yang paling mudah didapatkan dan digunakan untuk menciptakan listrik, yaitu sinar matahari. Sinar matahari dapat ditemui dengan mudah di Indonesia, karena tinggal keluar rumah saja pasti sudah terkena sinar matahari, dengan syarat harus siang hari, ya.

Untuk mengkorvesi sinar matahari menjadi listrik dibutuhkan panel surya. Apakah Sobat Aton butuh instalasi panel surya? Hubungi Atonegri saat ini juga. Sumber energi listrik alternatif ini sangat ramah lingkungan dan awet.

Manfaat Sumber Energi Listrik Alternatif

Setelah mengetahui beberapa sumber energi alternatif, mungkin sobat aton ada yang berpikir mengapa perlu energi alternatif, nah ini beberapa contoh manfaatnya :

Mengurangi Emisi Karbon

Salah satu manfaat utama dari sumber energi listrik alternatif adalah kemampuannya untuk mengurangi emisi karbon. Dengan tidak menggunakan bahan bakar fosil, pembangkit listrik alternatif membantu mengurangi jejak karbon dan mengurangi kontribusi terhadap perubahan iklim global.

Mengurangi Ketergantungan pada Bahan Bakar Fosil

Dengan bergantung pada sumber energi yang dapat diperbaharui, negara-negara dapat mengurangi ketergantungan mereka pada impor bahan bakar fosil. Hal ini dapat mengurangi kerentanan terhadap fluktuasi harga minyak dunia dan meningkatkan keamanan energi.

Ramah Lingkungan

Sumber energi listrik alternatif tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga lebih ramah lingkungan secara keseluruhan. Mereka tidak menghasilkan limbah beracun seperti limbah nuklir dari pembangkit listrik tenaga nuklir, dan sering kali memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah dalam hal penggunaan lahan dan air.

Tantangan dalam Pengembangan Sumber Energi Listrik Alternatif di Indonesia

Sayangnya, meskipun ada potensi besar dalam pengembangan sumber energi listrik alternatif di Indonesia, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi:

Keterbatasan Infrastruktur

Infrastruktur yang terbatas, terutama di daerah pedesaan dan terpencil, menjadi hambatan dalam mengembangkan pembangkit listrik alternatif yang memerlukan instalasi dan perawatan khusus.

Masalah Regulasi dan Kebijakan

Ketidakpastian regulasi dan kebijakan dapat menghambat investasi dalam proyek energi terbarukan. Perlu adanya kejelasan dalam regulasi dan insentif untuk mendorong pertumbuhan industri energi terbarukan.

Ketersediaan Dana dan Teknologi

Pengembangan sumber energi listrik alternatif memerlukan investasi besar dalam hal dana dan teknologi. Pemerintah perlu berperan dalam menyediakan insentif keuangan dan mengembangkan infrastruktur penelitian dan pengembangan.

Masa Depan Sumber Energi Listrik Alternatif di Indonesia

Di Indonesia sendiri masih sedikit orang yang menggunakan energi alternatif untuk menghasilkan listrik, tapi tak banyak di luar sana terdapat beberapa tempat yang strategis untuk menggunakan energi listrik alternatif, contoh yang paling mudah adalah di atap rumah Anda dengan menggunakan panel surya. Apabila Anda memiliki keinginan untuk menggunakan sumber energi listrik alternatif. Tenang saja, saat ini sudah ada Atonergi yang membantu instalasi dengan paket-paket yang tentunya ramah di kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 55 − = 51