Apa Itu Inverter PLTS dan Bagaimana Mereka Bekerja?

Sumber: Canva

Inverter PLTS adalah komponen kunci dari sistem tenaga surya. Inverter bertanggung jawab untuk mengubah energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh perangkat elektronik di rumah atau bangunan. 

Apa Itu Inverter PLTS?

Inverter PLTS adalah perangkat elektronik yang mengubah energi listrik searah (DC) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi energi listrik bolak-balik (AC) yang dapat digunakan oleh perangkat elektronik di rumah atau bangunan. Dalam istilah sederhana, inverter adalah “otak” dari sistem tenaga surya.

Bagaimana Inverter PLTS Bekerja?

Inverter bekerja dengan mengubah arus searah (DC) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus bolak-balik (AC) yang sesuai dengan tegangan dan frekuensi listrik yang digunakan di rumah atau bangunan. Ini dilakukan melalui serangkaian transistor dan sirkuit elektronik yang mengontrol arus listrik dan mengubah frekuensi.

Berikut adalah langkah-langkah umum yang terjadi dalam proses pengubahan energi listrik oleh inverter:

  1. Panel surya menghasilkan energi listrik searah (DC).
  2. Energi listrik DC dari panel surya diteruskan ke inverter.
  3. Inverter mengubah energi listrik DC menjadi energi listrik bolak-balik (AC) yang sesuai dengan tegangan dan frekuensi yang digunakan di rumah atau bangunan.
  4. Energi listrik AC yang dihasilkan oleh inverter diteruskan ke kotak listrik di rumah atau bangunan, di mana itu dapat digunakan oleh perangkat elektronik.

Apa Peran Penting Inverter dalam Sistem Tenaga Surya?

Inverter sangat penting dalam sistem tenaga surya karena mereka mengubah energi listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya menjadi energi listrik AC yang dapat digunakan oleh perangkat elektronik di rumah atau bangunan. Tanpa inverter, energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya tidak akan dapat digunakan oleh perangkat elektronik di rumah atau bangunan.

Tips Memilih Inverter yang Tepat

Penting juga untuk memilih inverter yang tepat untuk sistem tenaga surya Anda. Berikut tips memilih inverter yang tepat.

1. Ukuran dan Daya Output

Anda harus memilih inverter yang cocok untuk ukuran sistem tenaga surya Anda. Inverter yang terlalu kecil tidak akan mampu menangani kapasitas energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya, sedangkan inverter yang terlalu besar akan membuang-buang energi.

2. Efisiensi

Efisiensi adalah faktor penting dalam memilih inverter. Inverter yang lebih efisien akan menghasilkan lebih sedikit panas dan menghasilkan lebih sedikit kehilangan energi. 

3. Kualitas

Kualitas inverter sangat penting karena inverter akan bekerja selama lebih dari 10 tahun. 

4. Kemampuan Monitoring

Inverter yang dilengkapi dengan kemampuan monitoring dapat membantu Anda melacak produksi energi listrik Anda dan menemukan masalah jika terjadi gangguan. 

Penutup

Inverter PLTS adalah komponen penting dalam sistem tenaga surya. Memilih inverter yang tepat sangat penting untuk mengoptimalkan produksi energi listrik Anda dan menghemat uang dalam jangka panjang. Dalam memilih inverter, konsultasikan dengan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 4 = 12