Manfaat Membangun PLTS di Atap Gedung

Sumber: Canva

Dalam era modern ini, penggunaan energi fosil semakin terbatas, sehingga penggunaan energi terbarukan seperti matahari menjadi pilihan yang tepat. PLTS atap di gedung menjadi solusi yang dapat membantu mengatasi krisis energi. Selain itu, keuntungan PLTS di atap gedung dapat dirasakan seperti penghematan tagihan.

Keuntungan PLTS Atap di Gedung

Membangun PLTS di atap gedung dapat membantu menghemat energi dan biaya. Beberapa keuntungan PLTS di atap gedung adalah:

1. Hemat Biaya Listrik

Membangun PLTS di atap gedung dapat membantu menghemat biaya listrik yang biasanya cukup tinggi. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun PLTS di awal memang cukup mahal, namun biaya tersebut dapat terbayar dalam waktu yang relatif singkat dengan menghemat biaya listrik selama bertahun-tahun.

2. Efisiensi Energi

Membangun PLTS di atap gedung juga dapat meningkatkan efisiensi energi, karena energi yang dihasilkan oleh PLTS dapat digunakan secara langsung oleh gedung tanpa harus melalui jaringan listrik yang panjang. 

3. Mengurangi Pemakaian Energi Fosil

Membangun PLTS di atap gedung juga dapat membantu mengurangi pemakaian energi fosil yang semakin terbatas dan mahal. Dengan mengurangi pemakaian energi fosil, dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang berbahaya bagi lingkungan.

4. Meningkatkan Kemandirian Energi

Membangun PLTS di atap gedung juga dapat membantu meningkatkan kemandirian energi suatu wilayah atau bangsa. Beberapa manfaat dari membangun PLTS di atap gedung untuk kemandirian energi adalah:

1. Mengurangi Ketergantungan pada Impor Energi

Dengan membangun PLTS di atap gedung, suatu wilayah atau bangsa dapat mengurangi ketergantungannya pada impor energi dari negara lain. Hal ini dapat meningkatkan kemandirian energi dan mengurangi kerentanan terhadap fluktuasi harga energi di pasar internasional.

2. Mengurangi Kerugian Energi

PLTS di atap gedung dapat menghasilkan energi secara langsung dan tidak memerlukan jaringan listrik yang panjang, sehingga kerugian energi yang terjadi selama distribusi dapat diminimalkan.

3. Meningkatkan Cadangan Energi

PLTS di atap gedung juga dapat membantu meningkatkan cadangan energi suatu wilayah atau bangsa. Energi yang dihasilkan oleh PLTS dapat disimpan dan digunakan saat dibutuhkan, sehingga cadangan energi dapat bertambah.

Penutup

Keuntungan PLTS atap di gedung selain mengurangi emisi gas rumah kaca, dan meningkatkan kemandirian energi adalah relatif mudah dirawat dan dapat dipasang. Gunakan jasa Atonergi untuk membantu Anda pemasangan PLTS di gedung Anda.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 9 + 1 =