Tahapan Pemasangan Sistem PLTS Atap Gedung

Tahapan Pemasangan Sistem PLTS Atap Gedung

Tahapan Pemasangan Sistem PLTS Atap Gedung
sumber: canva

Tahapan Pemasangan Sistem PLTS Atap Gedung adalah proses pemasangan sistem panel surya pada atap bangunan untuk menghasilkan listrik. Sistem ini telah menjadi populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir karena kebutuhan akan energi terbarukan semakin meningkat.

Mengapa PLTS Atap Gedung? Selain menjaga keberlangsungan hidup planet kita, menginstal PLTS di atap gedung dapat memberi manfaat finansial bagi pemilik gedung dalam jangka panjang. 

Pemilihan Lokasi dan Evaluasi Kebutuhan Energi

Tahapan pertama dalam pemasangan sistem PLTS atap gedung adalah memilih lokasi yang tepat untuk instalasi dan mengevaluasi kebutuhan energi bangunan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi dan evaluasi kebutuhan energi antara lain:

1.Orientasi bangunan: Bangunan yang menghadap ke arah selatan akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak.

2.Kemiringan atap: Atap dengan kemiringan antara 10-40 derajat umumnya disarankan untuk pemasangan panel surya.

3.Jumlah energi yang dibutuhkan: Perhitungan kebutuhan energi harus dilakukan untuk menentukan ukuran sistem yang dibutuhkan.

Perencanaan dan Desain Sistem

Setelah menentukan lokasi dan kebutuhan energi, tahap selanjutnya adalah merencanakan dan merancang sistem PLTS atap gedung. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan dan desain sistem antara lain:

1.Jumlah panel surya: Jumlah panel surya yang dibutuhkan harus ditentukan berdasarkan kebutuhan energi dan ukuran atap.

2.Tipe panel surya: Ada beberapa jenis panel surya yang tersedia, termasuk monokristalin, polikristalin, dan film tipis.

3.Inverter: Inverter adalah komponen penting dalam sistem PLTS, yang berfungsi mengubah arus searah dari panel surya menjadi arus bolak-balik yang dapat digunakan oleh gedung.

Pemasangan Panel Surya

Setelah merencanakan dan merancang sistem, tahap selanjutnya adalah pemasangan panel surya. Proses pemasangan panel surya melibatkan beberapa tahap, antara lain:

1.Pembersihan atap: Sebelum memasang panel surya, atap harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran atau debu yang menempel agar panel surya dapat dipasang dengan baik.

2.Memotong panel surya: Panel surya harus dipotong sesuai dengan ukuran atap.

3.Menempelkan panel surya: Panel surya ditempelkan pada atap dengan bantuan bracket atau pengait khusus.

4.Menghubungkan panel surya: Setelah panel surya terpasang, kabel harus dihubungkan ke masing-masing panel untuk mengalirkan listrik.

Pemasangan Inverter

Setelah panel surya terpasang, inverter dapat dipasang. Inverter berfungsi mengubah arus searah yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus bolak-balik yang dapat digunakan oleh gedung. Proses pemasangan inverter meliputi:

1.Pemasangan bracket: Bracket harus dipasang pada dinding untuk menempatkan inverter.

2.Menempatkan inverter: Setelah bracket terpasang, inverter dapat ditempatkan pada bracket.

3.Menghubungkan kabel: Kabel harus dihubungkan dari panel surya ke inverter untuk mengalirkan listrik.

Penutup

Tahapan pemasangan sistem PLTS atap gedung meliputi pembersihan atap, pemasangan panel surya, pemasangan inverter. Jika anda ingin memasang PLTS atap, Hubungi Atonergi untuk mendapatkan penawaran terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 2