Biaya Pasang Panel Surya di Rumah – Hemat Tagihan Listrik Anda

biaya pasang panel surya
Sumber: canva

Banyak orang yang merasa frustasi dengan tagihan listrik yang semakin tinggi. Solusi yang bisa dilakukan adalah memasang solar panel di rumah. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memasang solar panel, Anda perlu mengetahui berapa biaya pasang panel surya di rumah dan manfaat apa yang diperoleh.

Biaya Pasang Panel Surya di Rumah

Biaya instalasi solar panel di rumah dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran rumah Anda, lokasi rumah Anda, dan jenis panel surya yang Anda pilih. Namun, pada umumnya, biaya instalasi solar panel di rumah sekitar 

puluhan juta rupiah.

Manfaat Pasang Solar Panel di Rumah

Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Menghemat Tagihan Listrik Anda

Dengan solar panel, Anda dapat menghasilkan listrik sendiri dari energi matahari. Ini berarti Anda tidak perlu membayar tagihan listrik yang mahal setiap bulan.

2. Meningkatkan Nilai Properti Anda

Memasang solar panel di rumah juga dapat meningkatkan nilai properti Anda. Karena semakin banyak orang yang tertarik pada energi terbarukan, properti yang dilengkapi dengan solar panel cenderung lebih diminati dan bernilai lebih tinggi.

3. Menjaga Lingkungan

Dengan memasang solar panel, Anda juga dapat membantu menjaga lingkungan. Listrik yang dihasilkan dari energi matahari bersih dan terbarukan, tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Bagaimana Cara Memasang Panel Surya di Rumah?

Berikut adalah beberapa langkah memasang solar panel yang perlu Anda lakukan:

1. Evaluasi Kebutuhan Listrik Anda

Sebelum memasang solar panel, Anda perlu mengevaluasi kebutuhan listrik Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan berapa banyak solar panel yang perlu Anda pasang.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Anda perlu memilih lokasi yang tepat untuk memasang solar panel. Lokasi yang baik adalah yang terkena sinar matahari langsung sepanjang hari. Pastikan juga tidak ada penghalang seperti pohon atau gedung yang bisa menghalangi sinar matahari.

3. Pilih Jenis Solar Panel yang Tepat

Ada beberapa jenis solar panel yang tersedia di pasaran, seperti monokristalin, polikristalin, dan thin film. Pilih jenis solar panel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Hubungi Profesional untuk Memasang Solar Panel

Pasang solar panel memerlukan keahlian khusus, sehingga sebaiknya Anda menghubungi profesional untuk melakukan pemasangan. Pastikan Anda memilih tenaga ahli yang terpercaya dan berpengalaman.

Penutup

Memasang solar panel di rumah dapat memberikan banyak manfaat. Meskipun biaya pasang panel surya di rumah mungkin terlihat mahal, namun investasi ini sepadan dengan manfaat jangka panjang yang dapat Anda peroleh. Pastikan Anda menghubungi Atonergi untuk pemasangan solar panel.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 44 − = 43