Tahapan Pemasangan Panel Surya yang Mudah dan Efisien

Tahapan Pemasangan Panel Surya yang Mudah dan Efisien

Tahapan Pemasangan Panel Surya yang Mudah dan Efisien
sumber: pixabay

Panel surya menjadi salah satu alternatif sumber energi yang populer di Indonesia. Selain ramah lingkungan, penggunaan panel surya juga dapat menghemat pengeluaran listrik bulanan. Namun, bagi sebagian orang, pemasangan panel surya mungkin terdengar seperti pekerjaan yang sulit dan memakan waktu. 

Artikel ini akan membahas tahapan pemasangan panel surya yang mudah dan efisien sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaan energi terbarukan di rumah Anda.

Tahapan Pemasangan Solar Panel yang Mudah dan Efisien

Berikut  ada beberapa tahapan memasang yang efisien:

1.Pilih Lokasi yang Tepat

Sebelum memulai pemasangan panel surya, pastikan Anda memilih lokasi yang tepat. Pilih area yang terkena sinar matahari sepanjang hari dan hindari tempat yang tertutup rimbun oleh pepohonan atau gedung-gedung tinggi.

2.Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Pastikan Anda mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum memulai pemasangan. Beberapa alat dan bahan yang umumnya diperlukan adalah panel surya, baterai, kabel listrik, inverter, serta alat pengikat dan perekat.

3.Pasang Panel Surya

Setelah lokasi dan alat dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah memasang panel surya. Pastikan panel surya terpasang dengan kuat dan stabil dengan menggunakan alat pengikat dan perekat yang sesuai.

4.Pasang Baterai

Setelah panel surya terpasang dengan baik, pasang baterai. Pastikan baterai terpasang dengan benar dan dapat terhubung dengan panel surya dan inverter.

5.Pasang Inverter

Inverter berfungsi untuk mengubah arus searah (DC) dari panel surya dan baterai menjadi arus bolak-balik (AC) yang dapat digunakan di rumah. Pastikan inverter terpasang dengan benar dan dapat terhubung dengan panel surya dan baterai.

6.Hubungkan ke Listrik Rumah

Setelah semua komponen terpasang dengan baik, hubungkan panel surya, baterai, dan inverter ke listrik rumah. Pastikan kabel listrik yang digunakan berkualitas baik dan terpasang dengan benar untuk mencegah korsleting atau bahaya lainnya.

Penutup

Tahapan Pemasangan panel surya memang memerlukan usaha dan persiapan, Memilih lokasi yang tepat, mempersiapkan alat dan bahan dengan baik, dan memasang panel surya, baterai, inverter, dan kabel listrik dengan benar dapat memastikan penggunaan energi terbarukan yang optimal di rumah Anda. Jika anda ingin memasang solar panel dengan jasa pasang terpercaya, Hubungi Atonergi untuk mendapatkan penawaran spesial dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 30 = 33