Kendaraan Listrik vs Kendaraan Subsidi BBM

Kendaraan listrik tidak menggunakan bahan bakar fosil dan karenanya tidak menghasilkan emisi karbon yang merusak lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan membandingkan kendaraan listrik dengan kendaraan bahan subsidi BBM dan mengetahui mana yang lebih baik untuk masa depan.

Apa itu Kendaraan Listrik?

Kendaraan listrik adalah kendaraan yang menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaga. Motor listrik pada kendaraan listrik ditenagai oleh baterai yang diisi dengan listrik dari sumber daya listrik. 

Kendaraan listrik tidak menggunakan bahan bakar fosil seperti kendaraan bahan BBM, sehingga tidak menghasilkan emisi karbon.

Kelebihan Kendaraan Listrik

Kendaraan memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut: 

  1. Ramah Lingkungan: Kendaraan listrik tidak menggunakan bahan bakar fosil, sehingga tidak menghasilkan emisi karbon dan polutan lainnya.
  2. Lebih Hemat Biaya Operasional: Kendaraan listrik lebih hemat biaya operasional daripada kendaraan BBM. Kendaraan listrik membutuhkan sedikit perawatan dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar.
Sumber: Canva

Kekurangan Kendaraan Listrik

Selain keuntungan yang sudah disebutkan di atas, kendaraan listrik juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

  1. Jarak Tempuh Terbatas: Kendaraan listrik memiliki jarak tempuh yang terbatas karena kapasitas baterai yang masih terbatas. Jarak tempuh maksimum kendaraan listrik saat ini adalah sekitar 400 km dengan satu kali pengisian daya.
  2. Infrastruktur Pengisian: Saat ini, infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik masih terbatas. Pengguna kendaraan listrik harus mencari stasiun pengisian daya yang tersedia dan seringkali mengalami antrian untuk pengisian daya.

Apa itu Kendaraan Subsidi BBM?

Kendaraan BBM adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak sebagai sumber tenaga. Jenis bahan bakar yang umum digunakan adalah bensin dan solar. Kendaraan BBM merupakan jenis kendaraan yang paling banyak digunakan saat ini.

Kelebihan Kendaraan Subsidi BBM

Seperti kendaraan listrik, BBM juga memiliki keuntungan sebagai berikut:

  1. Jarak Tempuh Lebih Jauh: Kendaraan BBM memiliki jarak tempuh yang lebih jauh daripada kendaraan listrik. Hal ini disebabkan oleh kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar daripada kapasitas baterai kendaraan listrik.
  2. Infrastruktur yang Mudah Ditemukan: Infrastruktur pengisian bahan bakar kendaraan BBM sudah sangat tersedia di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pengguna kendaraan BBM tidak perlu mencari stasiun pengisian bahan bakar yang tersedia.

Kekurangan Kendaraan Subsidi BBM

Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh BBM, berikut diantaranya:

  1. Tidak Ramah Lingkungan: Kendaraan BBM menghasilkan emisi karbon dan polutan lainnya yang merusak lingkungan dan kesehatan manusia.
  2. Biaya Operasional yang Lebih Mahal: Kendaraan BBM membutuhkan biaya operasional yang lebih mahal daripada kendaraan listrik. Pengguna kendaraan BBM harus mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar dan memperbaiki mesin kendaraan yang seringkali mengalami kerusakan.

Penutup

Jangan ketinggalan masa depan! Beralih ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan hemat biaya operasional, terlebih lagi dengan subsidi BBM yang semakin menipis.

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 79 + = 85