Subsidi PLTS Atap untuk Pesantren Dirjen EBTKE

Subsidi PLTS Atap untuk Pesantren Dirjen EBTKE

Subsidi PLTS Atap untuk Pesantren Dirjen EBTKE
sumber: pixabay

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah meluncurkan program subsidi pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap untuk pesantren di seluruh Indonesia. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat dan tata cara penerapan PLTS atap di pesantren, serta menjawab beberapa pertanyaan umum seputar program subsidi PLTS atap untuk pesantren dirjen EBTKE.

Manfaat PLTS Atap untuk Pesantren

PLTS atap merupakan solusi energi bersih yang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pesantren dan lingkungan sekitar. Beberapa manfaat dari penerapan PLTS atap di pesantren antara lain:

1. Hemat Biaya Listrik

PLTS atap memungkinkan pesantren untuk menghasilkan listrik sendiri tanpa harus membayar tagihan listrik bulanan. Dengan kata lain, PLTS atap dapat membantu menghemat biaya listrik pesantren.

2. Ramah Lingkungan

Energi surya yang digunakan dalam PLTS atap merupakan energi terbarukan yang bersih dan tidak mencemari lingkungan. Dengan menggunakan PLTS atap, pesantren dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan mengurangi emisi karbon.

3. Lebih Stabil dan Terpercaya

PLTS atap lebih stabil dan terpercaya dibandingkan dengan listrik yang berasal dari jaringan umum. PLTS atap dapat beroperasi secara mandiri dan tidak tergantung pada pasokan listrik dari luar.

4. Menjadi Teladan

Penerapan PLTS atap di pesantren dapat menjadi teladan bagi masyarakat sekitar dan mempromosikan penggunaan energi terbarukan di lingkungan sekitar.

Tata Cara Penerapan PLTS

Untuk menerapkan PLTS atap di pesantren, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Konsultasi dengan Ahli

Sebelum memasang PLTS atap, pesantren perlu berkonsultasi dengan ahli untuk menentukan kapasitas PLTS atap yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pesantren. Ahli juga dapat membantu dalam menentukan lokasi terbaik untuk pemasangan PLTS atap.

2. Persiapan Pemasangan

Setelah menentukan kapasitas dan lokasi pemasangan, pesantren perlu mempersiapkan infrastruktur dan peralatan yang diperlukan untuk pemasangan PLTS atap. Hal ini termasuk memastikan bahwa atap pesantren dalam kondisi baik dan kuat untuk menahan berat PLTS atap.

3. Pemasangan PLTS Atap

Setelah persiapan selesai, maka dilakukan pemasangan PLTS atap oleh ahli yang sudah ditunjuk. Proses pemasangan PLTS atap membutuhkan keahlian khusus dan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman.

4. Pemeliharaan PLTS Atap

Setelah pemasangan selesai, pesantren perlu melakukan pemeliharaan rutin untuk memastikan PLTS atap dapat beroperasi dengan baik. Pemeliharaan meliputi pembersihan panel surya, penggantian baterai jika diperlukan, dan perawatan sistem PLTS atap secara keseluruhan.

Penutup

Subsidi PLTS atap untuk pesantren dari Dirjen EBTKE Kementerian ESDM adalah program yang sangat bermanfaat bagi pesantren untuk menghemat biaya listrik dan memanfaatkan sumber energi terbarukan. Jika anda ingin memasang solar panel, Hubungi Atonergi sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 7 × = 70