Potensi PLTS Atap di Indonesia: Manfaat Energi Terbarukan

Sumber: Canva

Potensi energi terbarukan semakin menjadi fokus di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam rangka memenuhi target nasional dalam perubahan energi, PLTS atap menjadi pilihan yang menarik untuk digunakan. Potensi PLTS atap di Indonesia sangat besar dan dapat memberikan manfaat signifikan bagi negara kita.

Potensi PLTS Atap di Indonesia

Iklim tropis yang ideal untuk pengembangan energi surya menjadi alasan adanya potensi PLTS atap di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia, tingkat cahaya matahari di Indonesia mencapai 4,8-6,5 kWh/m2 per hari. Dengan demikian, Indonesia memiliki sumber daya energi surya yang melimpah.

Keuntungan PLTS Atap

Berikut ini keuntungan menggunakan PLTS atap

1. Sumber Energi yang Bersih dan Terbarukan

PLTS atap tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca dan tidak memerlukan bahan bakar tambahan untuk menghasilkan listrik. Ini membuat PLTS atap menjadi sumber energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

2. Mengurangi Biaya Energi

Pemasangan PLTS atap dapat mengurangi biaya tagihan listrik yang tinggi. Sebuah rumah tangga yang menggunakan PLTS atap dapat menghemat hingga 90% dari biaya listrik.

3. Mengurangi Ketergantungan pada Bahan Bakar Fosil

Indonesia saat ini mengimpor sebagian besar bahan bakar fosil yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi negara. Penggunaan PLTS atap dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan meningkatkan keamanan energi nasional.

Potensi PLTS Atap di Indonesia

Meskipun potensi PLTS atap sangat besar, penggunaan teknologi ini masih terbatas. Saat ini, penggunaan PLTS atap di Indonesia hanya terbatas pada beberapa wilayah dan sektor, seperti industri, komersial, dan rumah tangga.

Untuk memaksimalkan potensi PLTS di Indonesia, perlu ada dukungan dari beberapa elemen. Pemerintah dapat meningkatkan regulasi untuk mempercepat pengembangan teknologi PLTS. Sementara itu, masyarakat dan industri dapat menggunakan PLTS atap sebagai sumber energi pengganti bahan bakar fosil. 

Instalasi PLTS Atap

Pemasangan PLTS atap dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

1. On-grid System

Sistem ini terhubung langsung ke jaringan listrik utama dan menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga atau bisnis.

2. Off-grid System

Sistem ini tidak terhubung ke jaringan listrik utama dan menghasilkan listrik yang disimpan dalam baterai untuk digunakan saat diperlukan.

3. Hybrid System

Sistem ini menggunakan kombinasi dari on-grid system dan off-grid system dan dapat memaksimalkan efisiensi PLTS atap.

Penutup

Potensi PLTS atap di Indonesia masih sangat besar dan perlu dimanfaatkan secara optimal. Dengan dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan industri, penggunaan teknologi ini diharapkan dapat meningkat dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi negara kita. Gunakan PLTS Atap di rumah Anda dengan bantuan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 + 1 =