Peluang Bisnis PLTS Atap di Indonesia

Sumber: Canva

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat radiasi matahari yang tinggi sepanjang tahun. Sehingga, penggunaan tenaga surya untuk menghasilkan listrik semakin banyak diminati di Indonesia. Karena keuntungan tersebut, terdapat peluang bisnis PLTS atap di Indonesia.

Apa Itu PLTS Atap dan Mengapa Harus Dipasang?

PLTS Atap adalah sistem panel surya yang dipasang pada atap rumah atau bangunan. Fungsinya adalah untuk menghasilkan listrik dari sinar matahari yang mengenai atap tersebut. 

Karena Indonesia memiliki tingkat radiasi matahari yang tinggi sepanjang tahun, pemasangan PLTS atap bisa menjadi solusi alternatif untuk memperoleh listrik yang ramah lingkungan dan juga lebih hemat.

Jenis-jenis PLTS Atap yang Bisa Dipilih

Ada dua jenis PLTS atap yang umumnya digunakan, yaitu jenis on-grid dan off-grid.

1. PLTS Atap Jenis On-Grid

PLTS atap jenis on-grid merupakan sistem yang terhubung dengan jaringan listrik PLN. Sistem ini menghasilkan listrik dan mengirimkannya ke jaringan PLN. Kelebihan dari jenis ini adalah pengguna bisa memanfaatkan listrik dari jaringan PLN ketika produksi listrik dari PLTS atap kurang atau tidak mencukupi.

2. PLTS Atap Jenis Off-Grid

PLTS atap jenis off-grid adalah sistem mandiri yang tidak terhubung dengan jaringan listrik PLN. Listrik yang dihasilkan disimpan dalam baterai dan bisa digunakan saat produksi listrik dari PLTS atap sedang kurang atau tidak ada. Jenis sistem ini dapat digunakan untuk di daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik PLN.

Peluang Bisnis PLTS Atap di Indonesia: Kiat Memulai Bisnis PLTS Atap

Karena peluang yang cukup besar untuk berbisnis di PLTS, maka pelajari terlebih dahulu kiat memulai bisnis PLTS atap.

1. Lakukan Riset Pasar dan Pesaing

Sebelum memulai bisnis PLTS atap, lakukan riset pasar dan pesaing terlebih dahulu. Pelajari tentang tren pasar PLTS atap, kebutuhan dan preferensi konsumen, serta kelebihan dan kekurangan pesaing. 

2. Bangun Jaringan dan Reputasi Bisnis

Bangun jaringan dan reputasi bisnis yang baik. Dalam bisnis PLTS atap, kualitas produk dan pelayanan sangat penting. Pastikan produk yang dijual berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Berikan pelayanan yang memuaskan dan jangan lupa untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. 

3. Kelola Bisnis dengan Baik

Kelola bisnis PLTS atap dengan baik. Manajemen yang efektif adalah kunci sukses dalam bisnis apapun. Pastikan bisnis Anda dikelola dengan baik, mulai dari manajemen keuangan, produksi, pemasaran, hingga sumber daya manusia.

Penutup

Peluang bisnis PLTS atap di Indonesia sangat menjanjikan mengingat meningkatnya kebutuhan akan energi terbarukan dan semakin terjangkaunya biaya pemasangan PLTS atap. Oleh karena itu, mulailah mencoba instalasi PLTS atap di rumah Anda dengan bantuan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 9 = 18