PLTS Komunal

PLTS Komunal: Pengertian, Mekanisme, dan Manfaat

Mungkin beberapa dari Anda belum pernah mendengar apa itu PLTS Komunal, bukan? PLTS Komunal (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) merupakan model pembangkit listrik yang memungkinkan pemilik properti, penyewa, dan komunitas untuk mengakses energi.

Bahkan, mereka dapat menikmati energi surya ini meskipun tidak memasang solar di atap properti mereka atau tidak memiliki lahan untuk lokasi panel surya mereka.

Pada dasarnya, pembangkit listrik tenaga surya komunal memungkinkan untuk menghasilkan tenaga surya pada suatu lokasi dan menggunakannya di lokasi lain. Hasil listrik dari PLTS tersebut kemudian akan didistribusikan kepada pemegang saham di komunitas yang bersangkutan.

Mekanisme PLTS Komunal

  1. Cahaya matahari menyentuh panel surya yang berada di lahan pembangkit listrik tenaga surya komunal, kemudian menghasilkan listrik.
  2. Listrik tersebut kemudian mengalir melalui meteran ke tempat jaringan utilitas listrik.
  3. Kemudian, perusahaan utilitas akan mengukur tenaga listrik yang telah dihasilkan, kemudian menghitung nilai biaya setiap rupiahnya per daya listrik, dan mendistribusikan nilai ini secara proporsional kepada anggota PLTS Komunal (penduduk, pebisnis, dan pemerintah)
  4. Nilai PLTS yang dihasilkan dari array kemudian diterapkan sebagai kredit moneter untuk tagihan listrik bagi setiap anggota PLTS Komunal.

Manfaat PLTS Komunal

Menurut laman Solar Reviews, terdapat tujuh (7) manfaat utama PLTS komunal yang terdiri dari:

1.    Sangat Bagus untuk Penyewa

Sistem PLTS Komunal yang fleksibel ini sangat disukai oleh para penyewa properti yang tidak memiliki rencana untuk tinggal dalam waktu lama. Para penyewa dapat menyewa PLTS dalam satu tahun untuk menikmati energi surya saat mereka tinggal di properti yang mereka sewa saja. Tentunya, hal ini sangat cocok untuk gaya hidup masyarakat saat ini yang belum memiliki komitmen untuk tinggal pada satu area dalam waktu yang cukup lama.

2.    Cocok Untuk Rumah Minimalis

Terdapat 50% rumah yang tidak cocok untuk menginstalasi surya di atap rumahnya. Hal ini bisa biasanya karena rumah tersebut tidak memiliki luas kaki persegi yang luas, teduh, atau tidak berada pada posisi ke arah selatan.

3.    Kemudahan Mentransfer Energi Surya Ke Rumah Baru

Untuk beberapa orang yang hendak pindah rumah ke lokasi baru akan menyadari bahwa mengikuti program PLTS Komunal jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada membeli dan memasang PLTS pada rumah baru mereka.

4.    Tidak Merusak Keindahan Rumah Anda

Tentunya, dengan menggunakan PLTS Komunal ini, Anda tidak perlu khawatir keindahan rumah Anda terganggu dengan adanya panel surya yang terpasang pada bagian atap rumah Anda. Dengan mengikuti PLTS Komunal ini, Anda dapat menjaga estetika rumah dan terbebas dari biaya instalasi yang mahal untuk memasang panel surya.

5.    Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

Salah satu keuntungan menggunakan sistem ini adalah Anda akan terbebas dari biaya perawatan panel surya yang harus Anda pantau setiap bulannya. Anda cukup menghubungi perusahaan penyedia ini untuk memantau sistem energi mereka berfungsi dengan baik atau tidak.

6.    Manfaat Finansial dari Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Komunal

Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya memiliki sebuah kebijakan yang bernama “Virtual Net Metering” (VNM). VNM ini merupakan sistem tagihan kredit untuk sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya komunal. Pastinya, dengan adanya sistem ini, Anda hanya akan membayar biaya energi yang kalian gunakan saja.

7.    Kemudahan Mengakses Tenaga Surya

Dengan adanya sistem ini memungkinkan semua orang dapat menikmati manfaat dari energi matahari, meskipun mereka tidak memiliki panel surya pada rumah mereka. Tentunya manfaat ini sangat berguna untuk daerah-daerah kecil yang memiliki akses listrik yang terbatas.

Sistem pembangkit listrik tenaga surya ini menjadi fasilitas terbaik untuk mendistribusikan tenaga listrik ke setiap rumah penduduk yang tinggal di daerah terpencil. Terlebih lagi, biaya yang mereka keluarkan untuk menikmati tenaga surya ini jauh lebih rendah daripada membayar tagihan listrik pada umumnya.

Kesimpulan

Baik PLTS Komunal atau memasang panel surya pribadi untuk properti pribadi memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Namun, kedua hal ini memiliki konsep yang sama, yaitu memanfaatkan energi matahari untuk menjadikan energi listrik. Tentunya konsep ini memiliki tujuan untuk menjaga kelestarian dan menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh tenaga batu bara.