Repair Pompa Air Tenaga Surya

4 Tips Memilih Pompa Air Tenaga Surya Yang Sesuai

Kehadiran pompa air tenaga surya menjadi angin segar bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan kekurangan air bersih. Karena pompa ini tidak bergantung pada PLN, dan bekerja hanya mengandalkan tenaga matahari.

Pompa ini menggunakan panel surya yang mengkonversi energi matahari menjadi listrik. Sebagian masyarakat desa terpencil menggunakan pompa ini untuk keperluan irigasi serta pemenuhan persediaan air.

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) mempunyai dua jenis berdasar tingkat kedalamannya, yaitu submersible dan surface pumps.

Jenis Pompa Air Tenaga Surya

●     Submersible pumps (pompa celup)

Sesuai dengan namanya, pompa ini mempunyai karakteristik dicelupkan di bawah tanah.

Jenis pompa air ini dapat bekerja memompa hingga 500 sampai 1000 galon per hari. Bahkan dapat mengangkat air, meskipun kedalaman 20 kaki.

Untuk perawatan, pompa celup harus Anda rawat setiap 2 sampai dengan 4 tahun sekali.

●     Surface pumps

Berbeda dengan pompa celup, jenis pompa air yang satu ini tidak terendam. Orang akan mudah mengenali pompa ini, karena hanya dipasang di permukaan air, dan kedalaman kurang dari 6 meter.

Dari segi perawatan, pompa ini lebih mudah Anda bersihkan. Namun harganya lebih mahal daripada pompa celup.

Tips Membeli Pompa Air Tenaga Surya

Ada beberapa hal terkait dengan spesifikasi PATS sebelum Anda memutuskan membelinya, seperti :

Faktor Daya Hisap

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan adalah daya hisap pompa tersebut.  Di mana daya hisap akan diukur berdasar posisi pompa air, dan kedalamannya.

Untuk menghitung kedalaman sumber airnya, maka hitung saat musim kemarau. Karena pada musim kemarau, permukaan air lebih rendah. Jika kedalaman air berada sekitar 4m, maka  pompa air harus yang mempunyai daya hisap hingga 9m.

Daya Pancar

Faktor kedua saat memilih pompa air tenaga surya adalah daya pancarnya. Cara menghitung daya pancar yaitu dari titik yang tertinggi pada aliran air sampai ke posisi pompa air.

Pilihlah pompa air dengan daya pancar yang sesuai kebutuhan.

Kapasitas Debit

Faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah kapasitas debit air pada setiap menitnya. Jika terpasang alat yang butuh pasokan air dengan debit stabil, maka Anda memerlukan pompa booster untuk mengatasi hal tersebut.

Daya Listrik

Pastikan daya listrik PLTS yang tersedia di rumah Anda cukup untuk menghidupkan pompa. Pada dasarnya, tenaga panel surya sudah lebih besar dari perangkat elektronik yang di dalam rumah.

Namun, jika dirasa kurang, Anda bisa memasang panel surya yang khusus untuk mengoperasikan pompa air tenaga surya.

Kelebihan PATS

Ada beberapa kelebihan PATS sehingga Anda harus memiliki pompa air tenaga surya, seperti :

  • Proses instalasi yang mudah dan fleksibel
  • Kebutuhan persediaan air menjadi lancar, seperti untuk rumah tangga, pemeliharaan hewan ternak, irigasi, dan lainnya
  • Ketika musim panas, panel PV akan menghasilkan daya besar, sehingga kemungkinan besar ada banyak air yang terpompa ke tangki
  • Dapat Anda aplikasikan di daerah terpencil dan terbatas akses PLN
  • Menjadi solusi bagi wilayah tandus sehingga petani atau peternak dapat kembali produktif.

Kesimpulan

Itulah beberapa rangkuman tips yang dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum memilih pompa air tenaga surya. Jika Anda tertarik untuk memasang pompa air tenaga surya untuk rumah tangga atau lainnya, maka hubungi  di sini. Atonergi mempunyai tenaga teknis yang berpengalaman dan siap memberikan pelayanan terbaik. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut. Semoga informasi tentang pompa air tenaga surya di atas bermanfaat.