PJU LED VS PJU Solar Cell - Mana yang Lebih Hemat dan Efisien?

PJU LED VS PJU Solar Cell- Mana yang Lebih Hemat dan Efisien?

PJU LED VS PJU Solar Cell - Mana yang Lebih Hemat dan Efisien?
sumber: pixabay

Apakah Anda sedang mencari penerangan jalan umum (PJU) yang hemat dan efisien? Pada saat ini, banyak jenis lampu PJU tersedia di pasaran, termasuk PJU LED dan PJU Solar Cell. Meskipun keduanya menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi masih banyak orang yang bingung untuk memilih antara keduanya. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara PJU LED dan PJU Solar Cell dan menentukan mana yang lebih hemat dan efisien.

1. Konsumsi Energi

PJU LED menggunakan teknologi yang lebih efisien dalam penggunaan energi, karena lebih sedikit energi yang hilang sebagai panas dan lebih banyak energi yang dikonversi menjadi cahaya. Sedangkan PJU Solar Cell menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energi, yang memungkinkan Anda untuk menghemat energi dan mengurangi biaya listrik.

2. Umur Lampu

PJU LED dapat bertahan hingga 50.000 jam, sementara PJU Solar Cell hanya bertahan sekitar 20.000 jam. Artinya, PJU LED memiliki umur lebih panjang dan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit.

3. Waktu Pemasangan

PJU LED lebih mudah dipasang daripada PJU Solar Cell. PJU LED dapat dipasang dalam waktu singkat dan tanpa perlu instalasi khusus, sementara PJU Solar Cell memerlukan instalasi panel surya dan kabel yang lebih kompleks.

4. Intensitas Cahaya

PJU LED memiliki intensitas cahaya yang lebih tinggi daripada PJU Solar Cell, sehingga mampu memberikan penerangan yang lebih baik pada malam hari. Namun, PJU Solar Cell juga bisa memberikan cahaya yang cukup jika panel surya menerima sinar matahari yang cukup selama siang hari.

5. Biaya

PJU LED lebih mahal untuk membeli, tetapi memiliki biaya operasional yang lebih rendah. Sebaliknya, PJU Solar Cell lebih murah untuk membeli, tetapi biaya operasionalnya lebih tinggi karena perlu diganti secara teratur.

6. Keandalan

PJU LED lebih andal daripada PJU Solar Cell karena tidak bergantung pada sumber daya yang tidak stabil seperti tenaga surya. PJU LED juga memiliki daya tahan yang lebih tinggi terhadap cuaca buruk, seperti hujan dan salju.

Penutup

PJU LED dan PJU Solar Cell keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika melihat dari segi penghematan dan efisiensi, maka PJU LED lebih hemat dan efisien dibandingkan dengan PJU Solar Cell. Meskipun harganya lebih mahal untuk membeli, tetapi biaya operasionalnya lebih rendah dan memiliki umur yang lebih panjang. Jika anda ingin memasang PJU TS, Hubungi Atonergi jasa pasang terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 32 − 27 =