Panel Surya Thin Film: Kelebihan dan Kekurangannya

Panel Surya Thin Film: Kelebihan dan Kekurangannya

Panel Surya Thin Film: Kelebihan dan Kekurangannya
sumber: pixabay

Panel Surya Thin Film menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin memasang panel surya di rumah atau bisnis mereka. Panel ini memiliki ketebalan yang lebih rendah daripada panel surya konvensional, membuatnya lebih fleksibel dalam instalasi. 

Namun, seperti semua teknologi, Panel Surya Thin Film memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasangnya.

Kelebihan Panel Surya Thin Film

Ada beberapa kelebihan panel surya ini diantaranya:

1.Fleksibel: Panel Surya ini memiliki ketebalan yang jauh lebih tipis daripada panel surya konvensional. Hal ini membuatnya lebih fleksibel dan mudah untuk dipasang pada berbagai permukaan, termasuk di atas genteng atau bahkan di dinding.

2.Mudah dipasang: Karena ketebalannya yang lebih tipis, panel surya ini lebih mudah dipasang daripada panel surya konvensional. Panel Surya ini dapat dipasang dengan lem atau bahkan dengan paku, sehingga instalasinya lebih sederhana dan tidak memerlukan struktur yang rumit.

3.Lebih Murah: Panel Surya ini cenderung lebih murah daripada panel surya konvensional. Hal ini karena proses produksinya lebih sederhana dan menggunakan bahan yang lebih sedikit daripada panel surya konvensional.

Kekurangan Panel Surya Thin Film

Ada beberapa kekurangan panel surya ini diantaranya:

1.Efisiensi rendah: Meskipun Panel Surya jenis ini lebih mudah dipasang dan lebih murah, efisiensinya cenderung lebih rendah daripada solar panel konvensional. Hal ini karena panel surya tipis kurang mampu menangkap energi matahari yang diperlukan untuk menghasilkan listrik.

2.Umur lebih pendek: Panel Surya ini memiliki umur lebih pendek daripada panel surya konvensional. Hal ini disebabkan karena material yang digunakan lebih sensitif terhadap cuaca dan kondisi lingkungan.

3.Tidak ideal untuk daerah yang sering hujan: Jenis panel surya ini kurang ideal untuk daerah yang sering hujan. Hal ini karena ketebalannya yang tipis membuatnya lebih mudah rusak oleh air hujan dan cuaca yang ekstrim.

Penutup

Panel Surya Thin Film dapat menjadi alternatif yang menarik untuk pilihan energi yang ramah lingkungan. Kelebihannya yang lebih fleksibel dan lebih mudah dipasang, serta harganya yang lebih murah, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Jika anda ingin berkonsultasi, Hubungi Atonergi sekarang juga.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 99 − = 94