Panel Surya Hemat Energi: Apa itu dan Bagaimana Bekerja?

Panel Surya Hemat Energi: Apa itu dan Bagaimana Bekerja?

Panel Surya Hemat Energi: Apa itu dan Bagaimana Bekerja?
sumber: pixabay

Panel surya hemat energi merupakan inovasi yang hebat untuk menghasilkan listrik tanpa emisi gas rumah kaca dan polusi. Dengan semakin mahalnya biaya listrik, panel surya hemat energi adalah solusi yang ramah lingkungan dan hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan listrik kita. 

Apa itu Panel Surya Hemat Energi?

Panel surya adalah sistem yang mengubah energi matahari menjadi listrik. Sistem ini terdiri dari beberapa panel surya dan inverter. 

Panel surya mengumpulkan energi matahari dan mengubahnya menjadi arus listrik searah (DC). Inverter kemudian mengubah arus DC menjadi arus listrik bolak-balik (AC) yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah atau bisnis.

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya ?

Panel surya bekerja dengan cara mengubah energi matahari menjadi arus listrik DC. Panel surya terdiri dari beberapa sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor. Ketika sinar matahari menyentuh sel surya, elektron di dalamnya dilepaskan, dan arus listrik DC dihasilkan. 

Arus listrik DC tersebut kemudian mengalir ke inverter, yang mengubahnya menjadi arus listrik AC. Arus listrik AC tersebut kemudian dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah atau bisnis.

Cara Memilih Panel Surya Hemat Energi yang Tepat

Memilih panel surya yang tepat adalah langkah penting dalam memastikan sistem berfungsi dengan baik dan menghasilkan listrik yang diinginkan. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih panel surya:

1.Daya yang Dibutuhkan

Pastikan Anda mengetahui jumlah daya listrik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Jumlah daya ini akan menentukan berapa banyak panel surya yang dibutuhkan untuk menghasilkan listrik yang cukup.

2.Ukuran Panel Surya

Ukuran panel surya yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan daya Anda. Panel surya yang lebih besar akan menghasilkan lebih banyak listrik, tetapi juga akan membutuhkan lebih banyak ruang untuk dipasang.

3.Kualitas Panel Surya

Pastikan Anda memilih panel surya yang berkualitas tinggi. Panel surya yang berkualitas rendah mungkin lebih murah, tetapi tidak akan menghasilkan listrik yang cukup dan mungkin memerlukan perbaikan atau penggantian lebih cepat.

4.Garansi

Pastikan Anda memilih panel surya yang dilengkapi dengan garansi yang memadai. Garansi akan melindungi Anda jika terjadi kerusakan pada panel surya selama masa garansi.

Penutup

Panel surya hemat energi adalah solusi yang tepat untuk menghemat biaya listrik dan menjaga lingkungan. Jika anda ingin memasang panel surya, Hubungi Atonergi untuk mendapatkan penawaran yang terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 29 − 19 =