Panel Surya Polikristalin: Apa yang Harus Anda Ketahui

Sumber: canva

Panel surya polikristalin telah menjadi semakin populer sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memasang solar panel polycrystalline di rumah atau bisnis Anda, penting untuk memahami cara kerjanya, keuntungan dan kerugian.

Cara Kerja Panel Surya Polikristalin

Solar panel polycrystalline bekerja dengan cara mengubah energi matahari menjadi listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi rumah atau bisnis Anda. Prosesnya dimulai ketika cahaya matahari mengenai solar panel dan menyebabkan elektron-elektron dalam sel surya di dalamnya bergerak. 

Keuntungan Menggunakan Solar Panel Polycrystalline

Solar panel polycrystalline memiliki beberapa keuntungan yang membuatnya semakin populer sebagai sumber energi alternatif:

  1. Solar panel polycrystalline ramah lingkungan karena menghasilkan energi bersih yang tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polutan lainnya.
  2. Solar panel polycrystalline hemat biaya karena menghasilkan energi gratis dari matahari yang dapat mengurangi tagihan listrik bulanan Anda.
  3. Solar panel polycrystalline memerlukan sedikit perawatan karena tidak memiliki bagian yang bergerak dan dapat bertahan selama 25 tahun atau lebih.

Kerugian Menggunakan Panel Surya Polikristalin

Namun, solar panel polycrystalline juga memiliki beberapa kerugian yang perlu dipertimbangkan:

  1. Solar panel polycrystalline memerlukan biaya awal yang tinggi untuk membeli dan memasang.
  2. Solar panel polycrystalline memerlukan penempatan yang tepat untuk memaksimalkan kinerjanya dan menghasilkan listrik yang cukup.
  3. Solar panel polycrystalline tidak efektif pada kondisi cuaca buruk seperti hari yang berawan atau hujan, karena tidak cukup cahaya matahari yang tersedia.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Solar Panel Polycrystalline

Sebelum membeli solar panel polycrystalline, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

1. Kebutuhan Energi Anda

Seberapa banyak energi yang dibutuhkan oleh rumah atau bisnis Anda akan menentukan berapa banyak panel surya polikristalin yang perlu Anda beli. Pertimbangkan rata-rata konsumsi listrik bulanan Anda dan cari tahu berapa banyak panel surya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan itu.

2. Penempatan Solar Panel Polycrystalline

Penempatan solar panel polycrystalline sangat penting untuk memaksimalkan kinerjanya. Pastikan solar panel dipasang di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan tidak ada bayangan dari pohon atau bangunan.

3. Biaya dan Anggaran

Solar panel polycrystalline memiliki biaya awal yang tinggi untuk membeli dan memasang. Pastikan untuk menghitung anggaran dengan cermat dan mempertimbangkan opsi pembiayaan atau subsidi yang tersedia.

4. Perawatan

Solar panel polycrystalline memerlukan sedikit perawatan, tetapi pastikan untuk memeriksa solar panel secara teratur untuk membersihkannya dari debu atau kotoran dan memastikan bahwa solar panel berfungsi dengan baik.

Penutup

Panel surya polikristalin dapat menjadi sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya untuk rumah atau bisnis Anda. Namun, sebelum membelinya, pastikan untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian, serta berkonsultasi pada Atonenrgi sebagai bahan pertimbangan.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 46 + = 47