Panduan Perencanaan PLTS Atap untuk Pesantren

Sumber: canva

Pesantren adalah lembaga pendidikan yang memiliki keunikan tersendiri di Indonesia. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, pesantren memerlukan pasokan listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan listrik adalah dengan perencanaan PLTS atap.

Panduan Perencanaan PLTS Atap untuk Pesantren

Berikut ini adalah panduan dalam perencanaan instalasi solar panel atap di pesantren:

1. Penentuan Lokasi dan Kebutuhan Energi

Langkah pertama dalam merencanakan instalasi panel surya atap adalah menentukan lokasi pesantren dan kebutuhan energi listrik harian. Penentuan ini akan membantu dalam menentukan jumlah panel surya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi harian pesantren.

Bagaimana cara menentukan kebutuhan energi listrik harian?

Untuk menentukan kebutuhan energi listrik harian, dapat dilakukan dengan cara mencatat semua peralatan listrik yang digunakan di pesantren dan estimasi waktu pemakaian peralatan setiap hari. Dengan mencatat dan mengestimasi waktu pemakaian, dapat diketahui jumlah energi listrik yang dibutuhkan setiap hari.

Bagaimana menentukan lokasi yang tepat untuk instalasi panel surya atap?

Lokasi yang tepat untuk instalasi panel surya atap adalah lokasi yang memiliki sinar matahari yang cukup sepanjang tahun. Idealnya, atap bangunan pesantren harus menghadap ke arah selatan dengan kemiringan sekitar 15 derajat.

2. Perencanaan PLTS Atap dan Pemasangannya

Setelah menentukan lokasi dan kebutuhan energi listrik harian, langkah selanjutnya adalah merencanakan instalasi panel surya atap dan memilih panel surya yang tepat. Pilihlah panel surya yang sesuai dengan kebutuhan energi harian pesantren dan kualitasnya terjamin.

Bagaimana cara memilih panel surya yang tepat?

Untuk memilih panel surya yang tepat, perhatikan spesifikasi teknis panel surya tersebut, seperti kapasitas daya, efisiensi, dan umur panel.

Apakah perlu mempertimbangkan biaya panel surya?

Tentu saja, biaya panel surya juga perlu dipertimbangkan dalam perencanaan instalasi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan panel surya akan memberikan penghematan biaya listrik dalam jangka panjang.

Setelah memilih panel surya yang tepat, langkah selanjutnya adalah memasang panel surya di atap bangunan pesantren. Pastikan pemasangan dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman untuk memastikan pemasangan yang aman dan tepat.

3. Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah instalasi panel surya selesai, perawatan dan pemeliharaan panel surya juga perlu diperhatikan agar kinerjanya tetap optimal. Pastikan panel surya terjaga kebersihannya dari debu dan kotoran yang dapat mengurangi efisiensi panel.

Selain itu, juga perlu melakukan pemantauan secara berkala.

Penutup

PLTS Atap untuk Pesantren merupakan solusi energi terbarukan yang ramah lingkungan dan dapat membantu pesantren dalam memenuhi kebutuhan listrik harian. Lakukan perencanaan PLTS Atap di pesantren dengan Atonergi, sebagai jasa pemasangan yang terpercaya dan berpengalaman.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 + 5 =