Dokumentasi-Layamernan-Atonergi-1-min

Panduan Lengkap Cara Memasang Panel Surya dengan Mudah

Panel surya adalah salah satu teknologi yang sangat penting untuk menghasilkan energi terbarukan. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memasang panel surya dengan mudah, terutama bagi pemula. 

Kami akan membahas semua langkah yang diperlukan, mulai dari pemilihan lokasi hingga pemasangan panel surya. Mari kita mulai!

Sumber: Canva

Cara Memasang Panel Surya: Panduan Lengkap

Berikut ini adalah panduan pemasangan panel surya:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Langkah pertama untuk memasang panel surya adalah memilih lokasi yang tepat. Anda perlu mencari tempat yang memiliki paparan sinar matahari yang cukup, minimal 5-6 jam per hari. Pastikan juga lokasi tersebut tidak terhalang oleh pohon atau bangunan.

2. Hitung Kebutuhan Energi Anda

Sebelum membeli panel surya, Anda perlu menghitung kebutuhan energi Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan berapa banyak panel surya yang perlu Anda beli. Caranya adalah dengan mengecek tagihan listrik Anda dan mencari rata-rata penggunaan energi Anda setiap bulannya.

3. Beli Panel Surya yang Sesuai

Setelah Anda mengetahui kebutuhan energi Anda, saatnya untuk membeli panel surya yang sesuai. Pilih panel surya dengan watt yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi Anda. Selain itu, pastikan panel surya yang Anda beli memiliki kualitas yang baik dan dilengkapi dengan garansi.

4. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasang panel surya, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang Anda butuhkan antara lain bor, obeng, kabel, dan sekrup. Pastikan juga Anda memiliki bahan-bahan seperti bracket dan klem untuk memasang panel surya.

5. Pasang Bracket pada Atap atau Dinding

Setelah semua bahan dan alat siap, langkah selanjutnya adalah memasang bracket pada atap atau dinding. Pastikan bracket terpasang dengan kuat dan rapi sehingga panel surya bisa terpasang dengan aman.

6. Pasang Panel Surya pada Bracket

Setelah bracket terpasang, saatnya untuk memasang panel surya pada bracket. Pastikan panel surya terpasang dengan kuat dan rapi sehingga tidak mudah terlepas.

7. Hubungkan Panel Surya dengan Inverter

Langkah terakhir adalah menghubungkan panel surya dengan inverter. Pastikan kabel yang digunakan berkualitas dan terpasang dengan baik. Setelah itu, inverter bisa dihubungkan dengan sistem listrik rumah atau gedung Anda.

Penutup

Ingin menggunakan energi terbarukan untuk rumah atau gedungmu? Atonergi bisa membantumu! Dapatkan panduan lengkap cara memasang panel surya dengan mudah untuk pemula dan pilih panel surya berkualitas dengan garansi dari Atonergi. Hubungi kami sekarang juga!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 9 = 1