Jenis-Jenis Energi Terbarukan dan Terjangkau

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang jenis-jenis energi bersih atau energi terbarukan yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan energi kita di masa depan. Kami akan membahas tentang keuntungan dan kekurangan dari masing-masing jenis energi ini, serta cara untuk memanfaatkannya dengan lebih baik.

Berbagai Jenis Energi Terbarukan

Berikut ini beberapa jenis dari energi bersih: 

1. Energi Tenaga Surya

Energi surya merupakan sumber energi yang bersih dan terbarukan yang berasal dari sinar matahari. Panel surya ini akan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah atau gedung.

Keuntungan dari energi surya adalah bersifat terbarukan, ramah lingkungan, dan bebas dari emisi gas rumah kaca. Selain itu, biaya untuk memasang panel surya juga semakin terjangkau dan dapat memberikan keuntungan jangka panjang dalam penghematan biaya listrik.

Namun, kekurangan dari energi surya adalah tergantung pada kondisi cuaca dan intensitas sinar matahari. Selain itu, biaya untuk memasang panel surya yang cukup mahal juga masih menjadi kendala bagi beberapa orang.

2. Energi Angin

Sumber energi yang bersih dan terbarukan yang dapat dimanfaatkan adalah energi tenaga angin yang berasal dari hembusan angin. Untuk mengubah energi angin menjadi listrik, dapat digunakan turbin angin.

Sumber: canva

Keuntungan dari energi angin adalah bersifat terbarukan, ramah lingkungan, dan dapat digunakan di daerah yang memiliki angin yang kuat. Selain itu, biaya untuk memasang turbin angin juga semakin terjangkau.

Namun, kekurangan dari energi angin adalah tergantung pada kondisi cuaca dan intensitas angin yang tidak selalu stabil. Selain itu, turbin angin juga memerlukan lahan yang cukup luas untuk dipasang.

3. Energi Tenaga Air

Energi air atau hidro energi adalah sumber energi yang dihasilkan dari arus air yang menggerakkan turbin. Turbin akan mengubah energi arus air menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah atau industri.

Keuntungan dari energi air adalah bersifat terbarukan, ramah lingkungan, dan dapat dihasilkan dari berbagai sumber air seperti sungai, bendungan, dan air terjun. Selain itu, energi air juga dapat dihasilkan secara konsisten selama 24 jam.

Namun, kekurangan dari energi air adalah membutuhkan infrastruktur yang cukup besar seperti bendungan atau turbin. Selain itu, pembangunan bendungan juga dapat mempengaruhi ekosistem di sekitarnya.

Penutup

Mulailah beralih ke energi terbarukan dan dukung lingkungan dengan memanfaatkan jenis-jenis energi bersih yang telah dibahas di atas!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 36 − = 32