Menghitung Penghematan Energi Surya Anda

Sumber: dokumen Atonergi

Energi surya adalah bentuk energi terbarukan yang dihasilkan dari sinar matahari dan dapat diubah menjadi listrik atau panas. Jadi, bagaimana Anda bisa menghitung penghematan energi surya Anda? Artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk membantu Anda memahami penghematan energi surya.

Penghematan Energi Surya: Menghitung Kebutuhan Energi Anda

Sebelum menghitung penghematan, Anda harus memahami berapa banyak energi yang dibutuhkan oleh rumah atau bisnis Anda setiap bulan. Langkah ini akan membantu Anda menentukan ukuran sistem surya yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. 

Pertimbangkan langkah-langkah berikut untuk menghitung kebutuhan energi Anda:

1. Menganalisis Konsumsi Listrik Bulanan Anda

Langkah pertama adalah menganalisis tagihan listrik bulanan Anda. Catat total konsumsi listrik dalam kilowatt per jam (kWh) selama setahun terakhir. Hitung rata-rata bulanan dari data ini.

2. Perkirakan Kebutuhan Energi Masa Depan

Proyeksikan kebutuhan energi Anda di masa depan dengan mempertimbangkan perubahan gaya hidup atau perluasan rumah/bisnis Anda. Faktor-faktor seperti penambahan anggota keluarga, peralatan listrik baru, atau perluasan usaha dapat mempengaruhi kebutuhan energi Anda.

3. Hitung Konsumsi Energi Harian

Bagi total konsumsi energi bulanan dengan jumlah hari dalam sebulan untuk mendapatkan perkiraan konsumsi energi harian rata-rata. Hal ini akan membantu Anda mengetahui berapa kilowatt-jam yang Anda butuhkan setiap hari.

Menghitung Potensi Energi Surya

Setelah Anda memahami kebutuhan energi Anda, saatnya untuk menghitung potensi energi surya yang dapat dihasilkan di lokasi Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

Baca juga artikel kami mengenai Keandalan Monitoring PLTS di Tulungagung

1. Periksa Peta Radiasi Surya

Pertama, periksa peta radiasi surya untuk wilayah Anda. Peta ini akan memberikan informasi tentang berapa banyak sinar matahari yang diterima lokasi Anda setiap tahunnya. Semakin tinggi radiasi surya, semakin banyak energi surya yang dapat dihasilkan.

2. Faktor Arah dan Kemiringan Atap

Periksa arah dan kemiringan atap Anda. Idealnya, atap yang menghadap ke selatan dengan kemiringan sekitar 15 hingga 40 derajat akan memiliki potensi energi surya yang optimal.

3. Hitung Potensi Energi Surya

Berdasarkan peta radiasi surya dan karakteristik atap Anda, hitung perkiraan potensi energi surya harian yang dapat dihasilkan. Biasanya dinyatakan dalam kilowatt-jam per meter persegi per hari.

Penutup

Menghitung penghematan energi surya Anda adalah langkah penting dalam membangun keberlanjutan dan mengurangi biaya energi. Dengan memahami kebutuhan energi Anda, Anda dapat mengambil langkah konkret menuju masa depan yang berkelanjutan. Pasang panel surya sekarang dengan jasa Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 2 = 3