Menghitung Penghematan Energi dengan Panel Surya

Sumber: dokumen Atonergi

Panel surya telah menjadi solusi populer untuk mengurangi biaya energi dan menjaga lingkungan. Dengan teknologi yang semakin maju, semakin banyak rumah dan bisnis yang beralih ke sumber energi terbarukan ini. Dalam artikel ini, akan membahas cara menghitung penghematan energi dengan panel surya. 

Menghitung Penghematan Energi dengan Panel Surya: Perhitungkan Kebutuhan Energi Anda

Sebelum Anda menginstal panel surya, Anda perlu memahami seberapa banyak energi yang Anda butuhkan untuk memasok semua kebutuhan listrik di rumah atau bisnis Anda. Perhitungan ini akan membantu Anda menentukan berapa banyak panel surya yang harus Anda beli.

1. Menilai Konsumsi Listrik Anda

Langkah pertama adalah menilai konsumsi listrik bulanan Anda. Anda dapat melihat tagihan listrik terakhir Anda dan mencatat berapa banyak energi yang Anda gunakan dalam kilowatt per jam (kWh) setiap bulan.

2. Menghitung Rata-rata Kebutuhan Harian

Setelah Anda memiliki data konsumsi listrik bulanan, bagi jumlah total kWh dengan jumlah hari dalam bulan tersebut untuk mendapatkan rata-rata kebutuhan harian Anda. Ini akan membantu Anda memahami berapa banyak energi yang harus diproduksi oleh panel surya setiap hari.

3. Memperhitungkan Faktor Penyimpanan

Perlu diingat bahwa energi surya hanya tersedia saat matahari bersinar, dan pada malam hari Anda akan membutuhkan sumber energi cadangan. Pertimbangkan penggunaan baterai atau sistem penyimpanan energi lainnya untuk menjaga pasokan listrik Anda bahkan saat matahari tidak bersinar.

Baca juga artikel kami mengenai Kinerja PLTS di Tulungagung

Menghitung Penghematan Energi dengan Panel Surya: Menentukan Jumlah Panel Surya yang Dibutuhkan

Sekarang setelah Anda tahu berapa banyak energi yang harus diproduksi setiap hari, Anda dapat menghitung jumlah panel surya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

1. Efisiensi Panel Surya

Solar panel memiliki tingkat efisiensi yang berbeda, yang menentukan berapa banyak energi yang dapat dihasilkan oleh setiap panel. Efisiensi ini diukur dalam persentase dan semakin tinggi persentase efisiensi, semakin banyak energi yang dapat diproduksi oleh panel tersebut.

2. Kalkulasi Jumlah Panel

Dengan menghitung kebutuhan harian Anda dan mempertimbangkan efisiensi panel surya, Anda dapat membagi kebutuhan harian Anda dengan produksi energi harian per panel. Ini akan memberi Anda perkiraan jumlah panel surya yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan energi Anda.

Penutup

Menghitung penghematan energi dengan panel surya adalah langkah bijak untuk mengurangi biaya energi Anda dan mendukung lingkungan yang lebih bersih. Mari pasang solar panel dengan jasa pemasangan dari Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 7 × 1 =