Keuntungan Memasang PLTS Atap di Pesantren

Sumber: canva

PLTS Atap adalah sistem yang mengubah energi matahari menjadi listrik yang dapat digunakan sebagai sumber daya energi alternatif. PLTS Atap sangat populer saat ini karena ramah lingkungan dan dapat menghasilkan listrik secara gratis. Namun, masih banyak orang yang tidak menyadari manfaat dan keuntungan PLTS atap.

Keuntungan PLTS Atap di Pesantren

Berikut ini adalah kelebihan dari memasang PLTS atap di pesantren:

1. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Memasang PLTS Atap di pesantren akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari pembangkit listrik konvensional. Pembangkit listrik konvensional menggunakan bahan bakar fosil, yang menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida, metana, dan nitrogen oksida. 

Emisi ini berdampak buruk pada lingkungan dan menyebabkan pemanasan global. Dengan memasang PLTS Atap, pesantren dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan.

2. Keuntungan PLTS: Hemat Biaya Listrik

Dengan memasang PLTS Atap, pesantren dapat menghasilkan listrik secara mandiri tanpa harus membayar tagihan listrik bulanan kepada perusahaan listrik. Hal ini akan menghemat biaya listrik pesantren dan mengurangi ketergantungan pada perusahaan listrik.

3. Mendukung Pendidikan Lingkungan

Memasang PLTS Atap di pesantren dapat menjadi contoh positif bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya penggunaan energi alternatif. Dengan memasang PLTS Atap, pesantren dapat memperlihatkan bagaimana penggunaan sumber daya alam yang ramah lingkungan dapat menghasilkan listrik yang berkualitas. 

4. Mengurangi Ketergantungan pada BBM

Di banyak pesantren, penggunaan bahan bakar minyak (BBM) masih menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan listrik. Namun, penggunaan BBM sangat tidak ramah lingkungan dan memiliki dampak negatif pada kesehatan dan lingkungan sekitar. 

5. Mengurangi Beban Listrik di Jaringan Umum

Memasang PLTS Atap di pesantren dapat membantu mengurangi beban listrik di jaringan umum. Jika pesantren dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk kebutuhan internal, maka beban listrik yang harus diambil dari jaringan umum akan berkurang. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya pemadaman listrik.

6. Memperkuat Ketahanan Energi

Memasang PLTS Atap di pesantren dapat membantu memperkuat ketahanan energi pesantren. Dengan memanfaatkan sumber daya energi yang tersedia di sekitar pesantren, pesantren dapat memproduksi listrik secara mandiri tanpa tergantung pada pasokan energi dari luar.

Penutup

Dengan keuntungan PLTS Atap yang telah dijelaskan di atas, apakah pesantren tepat untuk dipasang PLTS atap? jawabannya sangat tepat. Pasang panel surya di pesantren Anda dengan bantuan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 3 × = 12