Umur Panel Surya: Berapa Lama Mereka Bisa Bertahan?

Sumber: canva

Panel surya telah menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan dan murah. Panel surya bekerja dengan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Namun, bagaimana dengan umur panel surya? Apakah dapat bertahan selamanya? Jawaban pada artikel ini.

Umur Panel Surya

Berikut ini umur dari solar panel terbagi menjadi dua, antara lain:

1. Umur Rata-Rata

Usia pakai solar panel rata-rata adalah sekitar 25 tahun. Namun, masa pakai solar panel dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah:

a. Kualitas Panel Surya

Kualitas panel surya akan mempengaruhi masa hidupnya. Panel surya berkualitas buruk memiliki masa hidup yang lebih pendek dan rentan terhadap kerusakan.

b. Lingkungan Tempat Panel Surya Dipasang

Lingkungan tempat panel surya dipasang juga akan mempengaruhi umurnya. Panel surya yang terpasang di daerah yang sering hujan dan berawan akan mengalami penurunan efisiensi dan masa hidupnya lebih pendek.

c. Pemeliharaan

Pemeliharaan panel surya yang buruk juga akan mempercepat masa hidupnya. Oleh karena itu, pemeliharaan yang baik sangat diperlukan untuk memperpanjang masa pakai solar panel.

2. Umur Maksimum

Masa pakai maksimum solar panel adalah sekitar 30 tahun. Setelah itu, efisiensi panel surya akan menurun secara signifikan dan akhirnya tidak dapat menghasilkan energi listrik. 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Umur Panel Surya

Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi umur solar panel Anda:

1. Suhu

Panel surya bekerja lebih efisien dalam suhu yang rendah. Namun, suhu yang tinggi dapat menyebabkan panel surya cepat rusak dan mengurangi masa hidupnya.

2. Intensitas Cahaya Matahari

Intensitas cahaya matahari yang tinggi dapat mempercepat penurunan masa pakai solar panel.

3. Kelembapan

Keadaan lembab yang tinggi juga dapat merusak panel surya. Kelembapan dapat menyebabkan korosi pada panel surya dan mengurangi masa hidupnya.

4. Debu dan Kotoran

Debu dan kotoran yang menempel pada panel surya dapat menghalangi sinar matahari masuk dan mengurangi efisiensi panel surya. Selain itu, kotoran juga dapat menyebabkan kerusakan pada panel surya dan mengurangi masa hidupnya.

Penutup

Panel surya adalah solusi terbaik untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan dan murah. Namun, solar panel memiliki masa hidup yang terbatas. Umur panel surya rata-rata adalah sekitar 25 tahun dan masa pakai maksimum adalah sekitar 30 tahun. Konsultasikan pada Atonergi panel yang tepat untuk Anda!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 6 = 4