Penerapan Energi Bersih pada Industri

Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya Thin-film

Sumber: Canva

Panel surya adalah teknologi yang digunakan untuk menghasilkan listrik dari energi matahari. Salah satu jenis panel surya yang populer saat ini adalah panel surya thin-film. 

Namun, seperti halnya teknologi baru lainnya, solar panel thin-film memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya sebagai sumber daya listrik Anda. Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan solar panel thin-film.

Kelebihan Panel Surya Thin-film

Berikut ini beberapa kelebihan dari solar panel thin film:

1. Fleksibel

Solar panel thin-film terbuat dari bahan semikonduktor yang sangat tipis dan fleksibel, sehingga mudah ditempatkan pada permukaan yang berbeda. Mereka dapat ditempatkan di atap, dinding, atau bahkan di dalam bingkai jendela, sehingga memberikan kemungkinan penggunaan yang lebih luas.

2. Lebih Ringan

Solar panel thin-film jauh lebih ringan daripada solar panel tradisional. Ini memungkinkan mereka dipasang di tempat yang sulit dijangkau atau pada permukaan yang tidak dapat menahan beban yang berat.

3. Biaya Produksi Rendah

Solar panel thin-film dapat diproduksi dengan biaya lebih rendah daripada panel surya kristal silikon tradisional. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa mereka memerlukan jumlah bahan yang lebih sedikit dan proses produksi yang lebih efisien. 

Ini menjadikan solar panel thin-film pilihan yang lebih terjangkau untuk rumah, bisnis, dan industri.

4. Lebih Efektif dalam Kondisi Pencahayaan Rendah

Solar panel thin-film lebih efektif dalam menghasilkan listrik dalam kondisi pencahayaan rendah daripada panel surya kristal silikon tradisional. Ini berarti bahwa solar panel thin-film dapat menghasilkan listrik bahkan pada hari yang mendung atau di tempat yang teduh.

Kekurangan Solar Panel Thin-film

Selain kelebihan yang sudah disebutkan diatas, thin film juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut:

1. Efisiensi Energi yang Rendah

Solar panel thin-film memiliki efisiensi energi yang lebih rendah daripada solar panel kristal silikon tradisional. Artinya, dibutuhkan lebih banyak solar panel thin-film untuk menghasilkan jumlah listrik yang sama dengan panel surya kristal silikon tradisional

2. Lebih Rendah dalam Ketersediaan Energi

Solar panel thin-film memerlukan ketersediaan energi yang lebih tinggi daripada solar panel kristal silikon tradisional untuk menghasilkan jumlah listrik yang sama. Hal ini disebabkan oleh efisiensi energi yang lebih rendah dan keterbatasan daya tahan solar panel thin-film. 

Namun, hal ini bisa diatasi dengan menginstal lebih banyak solar panel thin-film atau dengan mengombinasikan solar panel thin-film dengan panel surya kristal silikon tradisional.

Penutup

Jangan ragu lagi, beralihlah ke energi matahari dengan menggunakan panel surya thin-film dari Atonergi. Pelajari kelebihan dan kekurangan teknologi ini dan buat keputusan terbaik untuk bisnis Anda. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 2 × 5 =