Temukan Jasa Pasang Panel Surya Terbaik untuk Gedung Anda

Cara Pasang Panel Surya Sendiri: Panduan Praktis

Sumber: Canva

Jika Anda ingin memanfaatkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya, panel surya adalah salah satu solusinya. Sebenarnya memasang panel surya sendiri tidaklah sulit jika Anda memiliki panduan praktis yang tepat. Oleh karena itu, dalam artikel ini,dijelaskan tentang cara pasang panel surya sendiri.

Tata Cara Pasang Panel Surya Sendiri

Berikut ini adalah cara memasang panel surya secara mandiri:

1. Tentukan Lokasi dan Ukuran Panel Surya

Sebelum memasang panel surya, Anda perlu menentukan lokasi dan ukuran panel surya yang tepat. Pilih lokasi yang terkena sinar matahari secara langsung dan tidak terhalang oleh pohon atau bangunan. Selain itu, pastikan panel surya yang akan dipasang memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan listrik rumah Anda.

2. Siapkan Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Setelah menentukan lokasi dan ukuran panel surya, selanjutnya siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang panel surya. Beberapa peralatan dan bahan yang dibutuhkan antara lain: panel surya, kabel panel surya, inverter, baterai, kabel DC, kabel AC, klem kabel, dan baut.

3. Pasang Panel Surya di Atap Rumah

Setelah semua peralatan dan bahan siap, langkah selanjutnya adalah memasang panel surya di atap rumah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan panel surya pada atap menggunakan baut dan klem kabel. Pastikan panel surya terpasang dengan kokoh dan tidak mudah terlepas.

4. Hubungkan Panel Surya dengan Inverter

Setelah panel surya terpasang di atap, selanjutnya hubungkan panel surya dengan inverter. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghubungkan kabel DC yang keluar dari panel surya ke inverter. Pastikan kabel DC terpasang dengan baik dan tidak terlilit atau tertekuk.

5. Hubungkan Inverter ke Baterai

Setelah inverter terhubung dengan panel surya, selanjutnya hubungkan inverter dengan baterai. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghubungkan kabel DC yang keluar dari inverter ke baterai. Pastikan kabel DC terpasang dengan baik dan tidak terlilit atau tertekuk.

7. Hubungkan Inverter ke Listrik Rumah

Setelah semua peralatan terpasang dan terhubung dengan baik, selanjutnya hubungkan inverter ke listrik rumah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghubungkan kabel AC yang keluar dari inverter ke saklar listrik rumah. Pastikan kabel AC terpasang dengan baik dan tidak terlilit atau tertekuk.

8. Uji Coba Panel Surya

Setelah semua peralatan terpasang dan terhubung dengan baik, lakukan uji coba panel surya untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Anda dapat melakukan uji coba dengan menghidupkan beberapa peralatan elektronik di rumah, seperti lampu atau kipas angin.

Penutup

Ingin menghemat biaya dan menyelamatkan lingkungan? Pelajari cara pasang panel surya sendiri dengan panduan praktis dari Atonergi, perusahaan yang ahli dalam penyediaan solusi energi alternatif.

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 6 × = 18