Hemat Listrik dengan PLTS Atap: Cara Kerja & Keuntungan

Hemat Listrik dengan PLTS Atap: Cara Kerja & Keuntungan

Hemat Listrik dengan PLTS Atap: Cara Kerja & Keuntungan
sumber: pixabay

Sudahkah Anda merasa lelah dengan tagihan listrik yang terus meningkat dari bulan ke bulan? Jika ya, bisa menjadi solusi Penghematan biaya dengan PLTS Atap yang tepat untuk Anda. PLTS Atap merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya yang terpasang pada atap bangunan Anda. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara kerja dan manfaat dari penggunaan PLTS Atap untuk menghemat biaya listrik Anda.

Cara Kerja PLTS Atap

Berikut adalah cara kerja PLTS atap:

1. Panel Surya

Panel surya merupakan komponen utama dari PLTS Atap. Benda ini akan menangkap energi dari sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Panel surya ini terdiri dari sel-sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor. Sel-sel surya ini akan menghasilkan arus listrik apabila disinari oleh sinar matahari.

2. Inverter

Inverter merupakan komponen yang bertugas mengubah arus listrik searah menjadi arus bolak-balik. Arus listrik searah yang dihasilkan oleh panel surya tidak dapat digunakan oleh rumah tangga karena rumah tangga menggunakan arus listrik bolak-balik. Oleh karena itu, inverter sangat penting dalam sistem PLTS Atap.

3. Meter Listrik

Meter listrik berguna untuk mengukur produksi listrik yang dihasilkan oleh PLTS Atap. Benda ini juga dapat membantu Anda untuk melihat berapa banyak listrik yang Anda gunakan dan berapa banyak yang Anda hasilkan dari PLTS Atap. Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan listrik dan menghemat biaya listrik Anda.

Keuntungan Menggunakan PLTS Atap

Berikut ini adalah keuntungannya:

1. Hemat Biaya Listrik

Manfaat utama dari penggunaan PLTS Atap adalah hemat biaya listrik. Dengan PLTS Atap, Anda dapat menghasilkan listrik sendiri sehingga tidak perlu membayar tagihan listrik yang tinggi setiap bulannya. Selain itu, Anda juga dapat menjual kelebihan listrik yang dihasilkan ke perusahaan listrik dan mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Ramah Lingkungan

PLTS Atap juga ramah lingkungan karena menggunakan energi matahari yang bersih dan terbarukan sebagai sumber energi. Dengan menggunakan PLTS Atap, Anda dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang berdampak buruk bagi lingkungan.

3. Meningkatkan Nilai Properti

PLTS Atap juga dapat meningkatkan nilai properti Anda. Saat ini, banyak orang yang lebih tertarik dengan rumah yang sudah dilengkapi dengan sistem energi terbarukan seperti PLTS Atap. Sehingga, dengan menggunakan PLTS Atap, nilai properti Anda

4. Ketersediaan Energi Stabil

PLTS Atap juga memungkinkan ketersediaan energi yang stabil, terutama di daerah yang sering mengalami pemadaman listrik. Dengan PLTS Atap, Anda dapat menghasilkan listrik sendiri yang dapat digunakan sebagai sumber cadangan ketika terjadi pemadaman listrik.

5. Perawatan Mudah

PLTS Atap memiliki perawatan yang mudah karena tidak memiliki komponen yang bergerak. Anda hanya perlu membersihkan panel surya secara teratur dan memeriksa sistem secara berkala untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

Penutup

Penghematan biaya dengan PLTS atap menjadi salah satu solusi karena banyak sekali manfaatnya. Jika anda ingin berkonsultasi dengan pemasangan PLTS atap, Anda bisa menghubungi Atonergi untuk mendapatkan penawaran terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 61 − = 57