Fungsi Baterai Besar dalam Penyimpanan Energi

Fungsi Baterai Besar dalam Penyimpanan Energi

Fungsi Baterai Besar dalam Penyimpanan Energi
sumber: canva

Salah satu bentuk energi terbarukan yang sedang berkembang adalah energi surya. Energi surya hanya dapat dihasilkan pada siang hari dan tidak selalu tersedia sepanjang waktu. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem penyimpanan energi yaitu baterai besar.

Fungsi baterai dalam penyimpanan energi sangatlah vital, karena baterai besar dapat menyimpan energi yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan dan mengalirkannya saat diperlukan. Selain itu, baterai juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas sistem penyimpanan energi secara keseluruhan.

Mengenal Fungsi Baterai Besar dalam Penyimpanan Energi

Fungsi baterai dalam penyimpanan energi adalah sebagai berikut:

1. Menyimpan energi yang dihasilkan oleh sumber energi terbarukan

Sumber energi terbarukan seperti energi surya dan energi angin menghasilkan energi secara tidak teratur dan tidak dapat diatur. Baterai besar dapat menjadi solusi yang tepat untuk masalah ini, karena baterai mampu menyimpan energi dalam jumlah besar dan mengalirkannya secara teratur.

2. Menyediakan energi saat sumber energi terbarukan tidak tersedia

Ketika sumber energi terbarukan tidak tersedia, baterai dapat menjadi sumber energi cadangan yang dapat diandalkan. Baterai dapat menyediakan energi pada saat dibutuhkan, seperti pada malam hari atau saat cuaca buruk.

3. Menjaga stabilitas jaringan listrik

Baterai juga dapat membantu menjaga stabilitas jaringan listrik. Jika terjadi pemadaman listrik atau gangguan pada jaringan, baterai dapat menyediakan sumber energi cadangan untuk menjaga stabilitas jaringan listrik.

Keuntungan Penggunaan Baterai Besar dalam Penyimpanan Energi

Penggunaan baterai ini dalam sistem penyimpanan energi memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

1. Mengurangi biaya energi

Dengan adanya baterai energi yang dihasilkan oleh sumber energi terbarukan dapat disimpan dan dialirkan secara teratur. Hal ini dapat mengurangi biaya energi karena tidak perlu menggunakan sumber energi konvensional sebagai sumber energi cadangan.

2. Mengurangi emisi gas rumah kaca

Dengan adanya baterai, energi yang dihasilkan oleh sumber energi terbarukan dapat disimpan dan dialirkan secara teratur. Hal ini dapat mengurangi penggunaan sumber energi konvensional yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.

3. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Dengan adanya baterai energi yang dihasilkan oleh sumber energi terbarukan dapat disimpan dan dialirkan secara teratur. Hal ini dapat mengurangi kerugian energi dan meningkatkan efisiensi sistem secara keseluruhan.

Penutup

Dalam jangka panjang, penggunaan baterai besar dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat peralihan dari penggunaan sumber energi konvensional ke sumber energi terbarukan, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. 

Mari beralih ke energi bersih dan mulai gunakan baterai untuk pemanfaatan energi bersih yang lebih optimal. Anda juga dapat menghubungi Atonergi jika ingin melakukan konsultasi atau pemasangan baterai untuk sistem PLTS Anda.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 × = 56