Bagaimana Hidroelektrik Bekerja

Bagaimana Hidroelektrik Bekerja?

Bagaimana Hidroelektrik Bekerja
sumber: canva

Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana listrik bisa dihasilkan dari air? Salah satu cara untuk menghasilkan listrik dari air adalah melalui pembangkit listrik tenaga air atau hidroelektrik. Jenis energi ini adalah sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan efisien dalam menghasilkan listrik. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana hidroelektrik bekerja dan manfaat dari sumber energi ini.

Bagaimana Hidroelektrik Bekerja?

1. Pembangkitan Energi

Pembangkitan energi air dimulai dengan mengalirkan air dari dam atau bendungan melalui turbin. Turbin yang dipasang di saluran air akan memutar generator, yang menghasilkan listrik. Semakin besar aliran air dan semakin tinggi ketinggian air, semakin banyak listrik yang dihasilkan.

2. Penyimpanan Energi

Air yang dikumpulkan di dam atau bendungan digunakan sebagai sumber daya untuk menghasilkan listrik. Selama puncak permintaan listrik, turbin akan diputar lebih cepat untuk menghasilkan lebih banyak listrik. Selama off-peak, air akan disimpan di dam untuk menghasilkan listrik pada saat dibutuhkan.

3. Pengiriman Energi

Setelah listrik dihasilkan, maka energi listrik akan dikirimkan melalui sistem transmisi listrik. Sistem transmisi listrik ini terdiri dari jaringan kabel dan menara listrik yang mengirimkan listrik dari pembangkit listrik ke pusat distribusi dan kemudian ke rumah-rumah.

Manfaat dari Hidroelektrik

1. Energi Terbarukan

Hidroelektrik adalah sumber energi terbarukan karena air adalah sumber daya yang tak terbatas dan dapat digunakan berulang kali tanpa menimbulkan polusi atau efek samping negatif pada lingkungan.

2. Ramah Lingkungan

Pembangkit listrik tenaga air tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polutan lainnya yang dapat merusak lingkungan. Dengan demikian, jenis energi ini merupakan alternatif yang lebih bersih dan ramah lingkungan dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil.

3. Efisien dan Terjangkau

Sumber energi ini  merupakan salah satu cara termurah dan tercepat dalam menghasilkan listrik. Dalam jangka panjang, biaya pembangkitan listrik tenaga air lebih rendah daripada pembangkit listrik berbahan bakar fosil.

Penutup

Hidroelektrik adalah salah satu sumber energi terbarukan yang paling efisien dan ramah lingkungan dalam menghasilkan listrik. Sumber energi ini memiliki manfaat dalam hal keberlanjutan, efisiensi, dan ketersediaan sumber daya. Mari beralih ke energi bersih untuk masa depan lingkungan kita.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 82 = 90