Efisiensi Panel Surya: Apa itu dan Bagaimana?

Efisiensi Panel Surya: Apa itu dan Bagaimana?

Efisiensi Panel Surya: Apa itu dan Bagaimana?
sumber: pixabay

Efisiensi ini adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kinerja solar panel. Dengan mengetahui efisiensi solar panel, kita dapat menilai seberapa banyak energi yang dihasilkan oleh soalr panel. Semakin tinggi efisiensi panel surya, semakin banyak energi yang dihasilkan.

Apa itu Efisiensi Panel Surya?

Efisiensi ini adalah rasio antara energi listrik yang dihasilkan oleh energi matahari yang diterima oleh panel surya. Dalam kata lain, efisiensinya mengukur seberapa efektif panel surya dalam mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

Efisiensi ini juga dapat diukur dalam persentase. Sebagai contoh, jika panel suryanya memiliki efisiensinya 20%, maka panel surya akan mengubah 20% dari energi matahari menjadi energi listrik.

Bagaimana Cara Menghitung Efisiensi Panel Surya?

Untuk menghitung efisiensi dari solar panel, kita memerlukan informasi tentang energi listrik yang dihasilkan oleh solar panel dan energi matahari yang diterima oleh panel surya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung efisiensi panel surya:

Langkah 1: Mengukur Energi Listrik yang Dihasilkan oleh Panel Surya

Pertama-tama, kita perlu mengukur energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Kita dapat melakukannya dengan menggunakan alat yang disebut multimeter. Multimeter dapat digunakan untuk mengukur arus dan tegangan listrik yang dihasilkan oleh panel surya.

Setelah mengukur arus dan tegangan listrik, kita dapat menghitung energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya dengan menggunakan rumus berikut:

Energi Listrik = Tegangan x Arus

Langkah 2: Mengukur Energi Matahari yang Diterima oleh Panel Surya

Setelah itu, kita perlu mengukur energi matahari yang diterima oleh panel surya. Kita dapat melakukannya dengan menggunakan alat yang disebut pyranometer. Pyranometer dapat digunakan untuk mengukur intensitas cahaya matahari yang diterima oleh panel surya.

Langkah 3: Menghitung Efisiensi Solar Panel

Setelah memiliki informasi tentang energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya dan energi matahari yang diterima oleh panel surya, kita dapat menghitung efisiensinya dengan menggunakan rumus berikut:

Efisiensi Panel Surya = (Energi Listrik / Energi Matahari) x 100%

Dalam rumus di atas, kita perlu mengubah satuan energi matahari dari W/m² (watt per meter persegi) menjadi kWh/m² (kilowatt jam per meter persegi). Kita dapat melakukannya dengan mengalikan intensitas cahaya matahari dengan durasi waktu pengukuran dalam jam.

Setelah mendapatkan nilai efisiensinya, kita dapat menilai seberapa baik kinerja panel surya dalam mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Semakin tinggi nilai efisiensinya tersebut, semakin baik kinerja panel surya.

Penutup

Efisiensi solar panel adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kinerja solar panel. Dengan mengetahui efisiensinya, kita dapat menilai seberapa banyak energi yang dihasilkan oleh panel surya. Semakin tinggi efisiensi, semakin banyak energi yang dihasilkan. Jika anda ingin memasang solar panel terbaik, Hubungi Atonergi untuk jasa pasang terpercaya dan terbaik untuk mendapatkan efisiensi yang baik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 7 = 70