Daya Tahan Panel Surya: Berapa Lama Usia Pakainya?

Daya Tahan Panel Surya: Berapa Lama Usia Pakainya?

Daya Tahan Panel Surya: Berapa Lama Usia Pakainya?
sumber: pixabay

Panel surya telah menjadi sumber energi terbarukan yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga dapat membantu mengurangi biaya listrik. Namun, ketika memilih panel surya untuk proyek Anda, penting untuk memperhitungkan daya tahan panel surya. 

Apa itu Daya Tahan Panel Surya?

Daya tahan panel surya adalah kemampuan panel surya untuk bertahan lama dan mempertahankan kinerja optimalnya selama masa pakainya. Umumnya, daya tahan panel surya diukur dalam tahun, dan bergantung pada berbagai faktor seperti kualitas panel, lingkungan, perawatan, dan penggunaan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Tahan Panel Surya

Beberapa faktor yang mempengaruhi daya tahan panel surya antara lain:

1. Kualitas Panel

Kualitas panel surya sangat mempengaruhi daya tahannya. Panel surya berkualitas tinggi cenderung memiliki usia pakai yang lebih lama dibandingkan dengan panel surya berkualitas rendah.

2. Lingkungan

Lingkungan di sekitar panel surya juga dapat mempengaruhi daya tahannya. Panel surya yang terkena cuaca ekstrem seperti panas dan dingin yang berlebihan dapat mengalami kerusakan lebih cepat.

3. Perawatan

Perawatan panel surya yang tepat dapat membantu memperpanjang usia pakainya. Membersihkan panel secara teratur dan memperbaiki kerusakan pada panel secepat mungkin dapat membantu mempertahankan kinerja optimalnya.

4. Penggunaan

Penggunaan panel surya yang berlebihan atau tidak sesuai dengan kapasitasnya dapat mempengaruhi daya tahannya. Panel surya yang dioperasikan pada kapasitas maksimumnya secara terus-menerus dapat mengalami kerusakan lebih cepat.

Berapa Lama Usia Pakai Panel Surya?

Usia pakai panel surya dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Namun secara umum, panel surya dapat bertahan selama 25 hingga 30 tahun dengan kinerja optimal.

Perlu diingat bahwa selama masa pakai panel surya, performanya mungkin menurun secara bertahap. Ini karena beberapa faktor seperti kerusakan alami dan pengaruh lingkungan.

Untuk memastikan bahwa panel surya Anda dapat bertahan selama mungkin, penting untuk mempertimbangkan perawatan dan pemeliharaan yang tepat serta memperhitungkan faktor-faktor lingkungan saat memilih lokasi panel surya.

Bagaimana Memperpanjang Usia Pakai Panel Surya?

Untuk memperpanjang usia pakai panel surya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Memilih Panel Berkualitas Tinggi

Memilih panel surya berkualitas tinggi dapat membantu memperpanjang usia pakainya. Meskipun harganya lebih mahal, panel surya berkualitas tinggi umumnya lebih tahan lama dan mampu mempertahankan kinerja optimalnya lebih lama.

2. Membersihkan Panel Secara Teratur

Membersihkan panel surya secara teratur dapat membantu memperpanjang usia pakainya. Debu, daun, dan kotoran dapat menumpuk pada panel surya dan mengurangi kinerjanya seiring waktu. Membersihkan panel secara teratur dapat membantu menjaga kinerja optimalnya.

3. Menghindari Kerusakan

Menghindari kerusakan pada panel surya dapat membantu memperpanjang usia pakainya. Hindari memindahkan atau memindahkan panel surya dengan kasar dan jangan membiarkan benda apa pun jatuh ke atasnya.

4. Memperbaiki Kerusakan Secara Cepat

Jika panel surya mengalami kerusakan, memperbaikinya dengan cepat dapat membantu memperpanjang usia pakainya. Kerusakan kecil yang dibiarkan terus-menerus dapat memperburuk kondisi panel dan mengurangi usia pakainya.

Penutup

Daya tahan panel surya adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memutuskan untuk memasang sistem panel surya. Jika anda ingin memiliki garansi dan daya tahan solar panel yang lama, Hubungi jasa pasang Atonergi yang terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 24 − 18 =