Daya Pompa Air Tenaga Surya dan Cara Menghitungnya

Daya Pompa Air Tenaga Surya dan Cara Menghitungnya

Daya Pompa Air Tenaga Surya dan Cara Menghitungnya
sumber: pixabay

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang daya pompa air tenaga surya dan cara menghitungnya. Dalam menjelaskan hal tersebut, kita juga akan membahas beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pompa air tenaga surya yang tepat.

Apa itu Daya Pompa Air Tenaga Surya?

Daya pompa air ini mengacu pada kemampuan pompa air untuk menghasilkan daya listrik dari energi surya. Pompa air tenaga surya biasanya terdiri dari panel surya, inverter, pompa air, dan sistem kontrol. 

Panel surya mengubah energi surya menjadi listrik DC yang kemudian diubah oleh inverter menjadi listrik AC. Listrik AC kemudian digunakan untuk menggerakkan pompa air.

Cara Menghitung Daya Pompa Air Tenaga Surya

Untuk menghitung daya pompa yang dibutuhkan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

1. Volume air yang dibutuhkan

Pertama-tama, tentukan volume air yang dibutuhkan setiap hari. Volume air ini dapat dihitung dengan mengalikan kebutuhan air harian dengan jumlah hari dalam sebulan. Misalnya, jika Anda membutuhkan 100 liter air setiap hari dan bulan ini memiliki 30 hari, maka total volume air yang dibutuhkan adalah 3.000 liter.

2. Ketinggian tempat penyediaan air dan lokasi penggunaan air

Ketinggian tempat dan lokasi dapat mempengaruhi daya pompa yang dibutuhkan. Semakin tinggi tempat penyediaan air, semakin banyak daya yang dibutuhkan untuk memompa air ke lokasi penggunaan. Selain itu, semakin jauh lokasi penggunaan air dari tempat penyediaan air, semakin banyak daya yang dibutuhkan untuk memompa air ke lokasi tersebut.

3. Efisiensi pompa air

Efisiensi ini juga perlu dipertimbangkan dalam menghitung daya pompa.

Jumlah mata air atau sumber air

Jumlah ini juga perlu dipertimbangkan dalam menghitung daya pompa air. Jika terdapat beberapa sumber air, maka Anda perlu mempertimbangkan daya yang dibutuhkan untuk memompa air dari masing-masing sumber air.

Setelah faktor-faktor di atas dipertimbangkan, Anda dapat menghitung daya pompa air yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus berikut:

Daya pompa air tenaga surya = (volume air yang dibutuhkan x ketinggian total / efisiensi pompa air) / jumlah jam sinar matahari

Contohnya, jika volume air yang dibutuhkan setiap hari adalah 3.000 liter, ketinggian total antara tempat penyediaan air dan lokasi penggunaan air adalah 20 meter, efisiensi pompa air adalah 50%, dan jumlah jam sinar matahari adalah 6 jam per hari, maka daya pompa ini yang dibutuhkan adalah:

Daya pompa air tenaga surya = (3.000 x 20 / 0,5) / 6 = 200 watt

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Pompa Air Tenaga Surya

Setelah mengetahui daya pompa air tenaga surya yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah memilih pompa air tenaga surya yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pompa air tenaga surya:

1. Daya pompa air

Pastikan daya pompa air tenaga surya yang Anda pilih sesuai dengan daya pompa air yang dibutuhkan. Pilihlah pompa air yang memiliki daya pompa air sedikit di atas daya pompa air yang dibutuhkan, agar pompa air dapat bekerja dengan baik.

2. Ketinggian maksimum

Perhatikan ketinggian maksimum yang dapat dicapai oleh pompa air. Pilihlah pompa air yang dapat mencapai ketinggian yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

3. Jenis pompa air

Pilihlah jenis pompa air yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terdapat dua jenis pompa air tenaga surya, yaitu pompa air permukaan dan pompa air submersible. Pompa air permukaan cocok untuk mengambil air dari sumber air permukaan seperti sungai atau sumur dangkal. Sedangkan, pompa air submersible cocok untuk mengambil air dari sumber air yang dalam seperti sumur artesis.

4. Kualitas pompa air

Pastikan pompa air yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik. Pilihlah pompa air yang tahan lama dan mudah dalam perawatan.

Penutup

Dengan memilih dan menghitung daya pompa air tenaga surya yang tepat, Anda dapat menghemat biaya listrik dan memperhatikan lingkungan sekitar. Jika anda ingin memasang pompa air tenaga matahari, Hubungi Atonergi jasa pasang terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 65 − 56 =