Mengenal Jenis Pompa Air Tenaga Surya

Mengenal Jenis Pompa Air Tenaga Surya
sumber: pixabay

Apakah Anda sedang mencari alternatif pompa air yang hemat listrik? Pompa air tenaga surya sangat populer di Indonesia, terutama di daerah pedesaan yang tidak memiliki akses listrik yang cukup. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenal jenis pompa air yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghemat biaya listrik.

Jenis Pompa Air Tenaga Surya

1.Pompa Air Tenaga Matahari Tipe DC

Jenis pompa air yang paling umum digunakan di Indonesia. Pompa air ini bekerja dengan memanfaatkan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya yang terpasang di atasnya. Pompa air tipe DC sangat hemat listrik dan ramah lingkungan, karena tidak memerlukan sumber daya energi dari luar.

2.Pompa Air Tenaga Matahari Tipe AC

Pompa air tipe AC memerlukan inverter sebagai alat pengubah arus DC menjadi AC. Pompa air tipe AC lebih cocok untuk daerah yang memiliki akses listrik yang cukup, karena lebih efisien dalam hal pompa air dengan kapasitas besar.

3.Pompa Air Tenaga Surya Tipe Hybrid

Pompa ini menggunakan dua sumber daya energi, yaitu listrik dari PLN dan energi dari panel surya. Pompa tipe hybrid ini cocok untuk daerah yang memiliki akses listrik yang tidak stabil atau terbatas.

Kelebihan Menggunakan Pompa Air Tenaga Surya

1.Hemat biaya listrik

Pompa air tenaga matahari sangat hemat listrik karena memanfaatkan energi matahari yang gratis. Dengan menggunakan pompa air tenaga matahari, Anda bisa menghemat biaya listrik hingga 90%.

2.Ramah lingkungan

Pompa air tenaga matahari sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon. Dengan menggunakan pompa air tenaga matahari, Anda turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

3.Mudah dipasang

Pompa air ini sangat mudah dipasang, karena tidak memerlukan instalasi listrik yang rumit. Anda hanya perlu memasang Solar panel dan pompa air, dan pompa air tenaga matahari siap digunakan.

4.Tidak bergantung pada PLN

Dengan menggunakan pompa air, Anda tidak perlu bergantung pada PLN dan tidak perlu khawatir dengan pemadaman listrik yang sering terjadi di daerah tertentu.

Penutup

Pompa air tenaga surya tidak hanya hemat biaya listrik, tetapi juga ramah lingkungan dan mudah dipasang. Jika anda ingin memasang dengan jasa pasang profesional, Hubungi Atonergi untuk mendapatkan pemasangan yang terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 10 × 1 =