Cara Mudah Menghitung Biaya Pemasangan Panel Surya di Rumah

Cara Mudah Menghitung Biaya Panel Surya di Rumah

Cara Mudah Menghitung Biaya Pemasangan Panel Surya di Rumah
sumber: pixabay

Panel surya sangat efisien dalam menghasilkan energi yang bersih dan dapat membantu mengurangi biaya tagihan listrik bulanan Anda. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memasang panel surya di rumah Anda, Anda harus mempertimbangkan menghitung biaya panel surya dan apakah itu sesuai.

Cara Mudah Menghitung Biaya Pemasangan Solar Panel di Rumah

Berikut adalah cara mudahnya:

1.Tentukan Kebutuhan Energi Rumah Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan kebutuhan energi rumah Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat jumlah listrik yang Anda gunakan dalam sehari, berapa banyak peralatan listrik yang Anda miliki, dan berapa lama peralatan tersebut digunakan.

Untuk mengetahui kebutuhan energi Anda secara akurat, Anda bisa menggunakan alat seperti Watt Meter atau menghubungi ahli panel surya untuk membantu Anda.

2.Pilih Jenis Panel Surya yang Tepat

Setelah Anda mengetahui kebutuhan energi rumah Anda, langkah berikutnya adalah memilih jenis panel surya yang tepat. Ada beberapa jenis panel surya yang tersedia di pasaran, termasuk panel surya monokristalin dan polikristalin.

Panel surya monokristalin biasanya lebih mahal, namun lebih efisien dan tahan lama. Sedangkan panel surya polikristalin lebih murah, namun memiliki efisiensi yang sedikit lebih rendah.

Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan ruang dan tata letak panel surya di rumah Anda. Beberapa jenis panel surya lebih cocok untuk dipasang di atap rumah, sementara yang lain lebih cocok untuk diletakkan di tanah.

3.Hitung Biaya Panel Surya

Setelah Anda menentukan kebutuhan energi rumah Anda dan memilih jenis panel surya yang tepat, langkah berikutnya adalah menghitung biaya panel surya. Biaya panel surya dapat bervariasi tergantung pada jenis panel surya yang Anda pilih, merek, ukuran, dan kualitas.

Namun, secara umum, biaya panel surya berkisar tergantung pada jenisnya.

4.Hitung Biaya Pemasangan

Selain biaya panel surya, biaya pemasangan juga harus dipertimbangkan. Biaya pemasangan panel surya di rumah Anda bisa bervariasi tergantung pada ukuran panel surya, lokasi pemasangan, serta profesionalisme tenaga kerja yang Anda pilih.

Secara umum, biaya pemasangan panel surya tergantung pada kompleksitas pemasangan dan lokasi rumah Anda.

5.Hitung Biaya Inverter dan Baterai

Selain panel surya dan biaya pemasangan, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya inverter dan baterai. Inverter diperlukan untuk mengubah energi DC dari panel surya menjadi energi AC yang bisa digunakan di rumah Anda.

Sedangkan baterai digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya sehingga bisa digunakan pada saat malam hari atau saat cuaca buruk. Biaya inverter dan baterai bervariasi tergantung pada merek dan kapasitasnya.

6.Hitung Biaya Maintenance

Setelah panel surya terpasang, Anda perlu mempertimbangkan biaya maintenance yang harus dikeluarkan. Meskipun panel surya tidak memerlukan maintenance yang sering, tetapi perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur panel surya dan menjaga efisiensi energinya.

Biaya maintenance dapat bervariasi tergantung pada merek dan jenis panel surya yang Anda gunakan.

Penutup

Pemasangan panel surya di rumah Anda bisa menjadi investasi yang tepat dan menguntungkan dalam jangka panjang. Dalam menghitung biaya panel surya, Anda harus mempertimbangkan biaya panel surya, biaya pemasangan, biaya inverter dan baterai, serta biaya maintenance. Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, Hubungi Atonergi untuk konsultasi Gratis.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 1