Estimasi Penghematan Biaya Listrik dengan Menggunakan Panel Surya

Estimasi Penghematan Biaya Listrik dengan Panel Surya

Estimasi Penghematan Biaya Listrik dengan Menggunakan Panel Surya
sumber: pixabay

Meningkatnya penggunaan energi listrik di seluruh dunia telah membuat harga listrik melambung tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana panel surya dapat membantu menghemat biaya listrik dan juga melakukan estimasi penghematan biaya listrik dengan panel surya.

Bagaimana Panel Surya Bekerja?

Panel surya bekerja dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan di rumah Anda. Panel surya terdiri dari sel fotovoltaik yang terbuat dari bahan semikonduktor. Ketika sinar matahari menyentuh sel fotovoltaik, elektron-elektron dalam bahan semikonduktor dilepaskan, menghasilkan arus listrik. 

Berapa Estimasi Penghematan Biaya Listrik dengan Menggunakan Panel Surya?

Estimasi penghematan biaya listrik ini menggunakan panel surya akan bervariasi tergantung pada ukuran panel surya yang Anda pasang dan kebutuhan energi rumah Anda. Berikut adalah cara untuk menghitung estimasi penghematan dengan menggunakan panel surya:

1.Hitung Kebutuhan Energi Rumah Anda

Langkah pertama adalah menghitung berapa banyak energi yang dibutuhkan oleh rumah Anda setiap bulan. Anda dapat melakukannya dengan mengecek tagihan listrik Anda. Tagihan listrik biasanya mencantumkan konsumsi energi bulanan Anda dalam kilowatt-hour (kWh).

2.Pilih Ukuran Panel Surya yang Tepat

Setelah mengetahui kebutuhan energi bulanan rumah Anda, langkah berikutnya adalah memilih ukuran panel surya yang tepat. Panel surya dijual dalam wattage, jadi pastikan untuk memilih panel surya dengan wattage yang sesuai dengan kebutuhan energi bulanan Anda.

3.Hitung Estimasi Penghematan Biaya Listrik

Setelah memasang solar panel, Anda dapat menghitung estimasi penghematan biaya listrik ini mengalikan kebutuhan energi bulanan Anda dengan harga listrik per kWh yang biasanya tertera pada tagihan listrik Anda. 

Selanjutnya, kalikan hasil tersebut dengan 70-80% untuk mendapatkan estimasi penghematan biaya listrik ini yang dapat Anda capai setelah menggunakan panel surya.

Misalnya, jika kebutuhan energi bulanan Anda adalah 500 kWh dan harga listrik per kWh adalah Rp1.500, maka biaya listrik bulanan Anda adalah Rp750.000. Dengan menggunakan panel surya yang dapat menghemat biaya listrik hingga 70-80%, Anda dapat menghemat hingga Rp525.000 – Rp600.000 per bulan.

Penutup

Menggunakan panel surya dapat menjadi solusi yang tepat untuk menghemat biaya listrik Anda dan juga membantu melindungi lingkungan. Dengan melakukan estimasi penghematan biaya listrik dengan solar panel, Anda dapat mengetahui seberapa besar penghematan biaya listrik yang dapat Anda capai. Jika anda ingin memasang panel surya, Hubungi Atonergi jasa pasang berpengalaman dan terpercaya.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 52 + = 53