Cara Menghitung Daya yang Dihasilkan oleh Baterai Panel Surya

Sumber: Canva

Panel surya memiliki salah satu elemen penting yaitu baterai, yang berfungsi untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya dan menyuplai listrik pada saat dibutuhkan. Sehingga, penting mengetahui bagaimana cara menghitung daya baterai panel surya

Cara Menghitung Daya yang Dihasilkan oleh Baterai Panel Surya

Berikut merupakan cara menghitung daya baterai.

Langkah 1: Tentukan Kapasitas Baterai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kapasitas baterai panel surya. Kapasitas baterai diukur dalam satuan Ampere-hour (Ah) atau Watt-hour (Wh). Kapasitas baterai panel surya biasanya tertera pada spesifikasi baterai atau dapat ditanyakan pada penjual atau produsen baterai.

Langkah 2: Tentukan Tegangan Baterai

Tegangan baterai panel surya juga harus diketahui sebelum dapat menghitung daya. Tegangan baterai diukur dalam satuan Volt (V) dan biasanya tertera pada spesifikasi baterai atau dapat ditanyakan pada penjual atau produsen baterai.

Langkah 3: Hitung Daya yang Dihasilkan oleh Panel Surya

Setelah mengetahui kapasitas dan tegangan baterai, langkah selanjutnya adalah menghitung daya yang dihasilkan oleh panel surya. Daya yang dihasilkan oleh panel surya diukur dalam satuan Watt (W) dan biasanya tertera pada spesifikasi panel surya.

Langkah 4: Hitung Waktu Pengisian Baterai

Setelah mengetahui daya yang dihasilkan oleh panel surya, langkah selanjutnya adalah menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai panel surya. Waktu pengisian baterai dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Waktu Pengisian = Kapasitas Baterai / (Daya yang Dihasilkan oleh Panel Surya x Efisiensi Konversi)

Efisiensi konversi adalah persentase daya yang dapat diubah menjadi energi yang disimpan oleh baterai. Efisiensi konversi biasanya tertera pada spesifikasi panel surya atau dapat ditanyakan pada produsen panel surya.

Langkah 5: Menghitung Daya yang Dihasilkan oleh Baterai

Setelah mengetahui waktu pengisian baterai, langkah selanjutnya adalah menghitung daya yang dapat dihasilkan oleh baterai panel surya. Daya yang dihasilkan oleh baterai panel surya diukur dalam satuan Watt-hour (Wh) atau Ampere-hour (Ah).

Persamaan daya yang dihasilkan oleh baterai panel surya dapat dihitung sebagai berikut:

Daya = Kapasitas Baterai x Tegangan Baterai

Dalam rumus ini, tegangan baterai diukur dalam satuan Volt (V) dan kapasitas baterai diukur dalam satuan Ah atau Wh.

Penutup

Menghitung daya baterai panel surya dapat dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Namun, Atonergi dapat membantu Anda untuk mempermudah melakukan perhitungan tersebut. Hubungi Atonergi sekarang juga!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 6 = 4