Memilih Ukuran Panel Surya untuk Skema Panel Surya Sederhana

Sumber: Canva

Panel surya adalah solusi penggunaan energi yang ramah lingkungan. Namun, ukuran panel surya sangat beragam di pasar, sehingga perlu mengetahui kebutuhan listrik untuk menentukan ukuran solar panel yang tepat. 

Apa itu Panel Surya?

Panel surya adalah perangkat yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Panel surya terdiri dari beberapa sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon. 

Mengapa Memilih Panel Surya?

Panel surya adalah solusi hemat biaya dan ramah lingkungan untuk memperoleh listrik. Penggunaan panel surya dapat mengurangi penggunaan listrik dari jaringan PLN, sehingga mengurangi tagihan listrik bulanan. Selain itu, panel surya juga mengurangi emisi gas rumah kaca, yang dapat membantu melindungi lingkungan.

Bagaimana Cara Memilih Ukuran Panel Surya yang Tepat untuk Skema Panel Surya Sederhana?

Memilih ukuran panel surya yang tepat untuk skema panel surya sederhana tidaklah sulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Berikut adalah beberapa pertimbangan dalam memilih ukuran solar panel:

1. Penentuan Kebutuhan Daya

Kebutuhan daya adalah faktor terpenting dalam memilih ukuran panel. Semakin besar kebutuhan daya, semakin besar pula ukuran panel yang dibutuhkan. Anda perlu menentukan berapa banyak daya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda.

2. Lokasi Pemasangan

Lokasi pemasangan panel surya juga mempengaruhi ukuran yang akan digunakan. Apakah lokasinya mendapat penyinaran matahari, panel akan dipasang dimana, penompang panel dari apa menjadi pertimbangan dalam memilih ukuran solar panel. 

3. Jenis Panel Surya

Jenis panel surya juga berpengaruh pada ukuran panel surya yang dibutuhkan. Ada dua jenis panel surya yaitu panel surya monokristalin dan polikristalin. Panel surya monokristalin lebih efisien dalam menghasilkan listrik, namun harganya lebih mahal. Sedangkan panel surya polikristalin lebih murah namun kurang efisien.

4. Perhitungan Daya yang Diperlukan

Setelah menentukan kebutuhan daya dan jenis panel surya, Anda perlu melakukan perhitungan daya yang diperlukan. Hal ini penting agar Anda bisa mengetahui berapa banyak panel surya yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan kalkulator daya yang tersedia di internet untuk melakukan perhitungan ini.

Penutup

Memilih ukuran panel surya yang tepat untuk skema panel surya sederhana tidaklah sulit. Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan daya, lokasi pemasangan, jenis panel surya, dan melakukan perhitungan daya yang diperlukan. Namun, cukup beresiko jika salah menentukan. Oleh karena itu, konsultasikan pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 2