Cara Membaca Kapasitas Panel Tenaga Surya: Panduan Lengkap

Sumber: Canva

Panel tenaga surya adalah teknologi yang semakin populer untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Namun, untuk memaksimalkan efisiensi energi dari panel surya, penting untuk memahami cara membaca kapasitas panel tenaga surya dengan benar.

Cara Membaca Kapasitas Panel Tenaga Surya

Untuk memahami cara membaca kapasitas panel tenaga surya, Anda harus memahami beberapa istilah penting terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa istilah yang perlu diketahui:

1. Wattpeak (Wp)

Wp adalah ukuran dari daya yang dihasilkan oleh panel surya pada kondisi standar. Wattpeak umumnya digunakan sebagai acuan dalam perhitungan kapasitas panel surya.

2. Kapasitas Panel Tenaga Surya

Jumlah daya yang dapat dihasilkan oleh panel surya pada kondisi tertentu disebut kapasitas panel surya. Kapasitas panel surya diukur dalam watt (W) atau kilowatt (kW).

3. Efisiensi Panel Surya

Efisiensi panel surya adalah rasio antara daya keluaran panel surya dan daya masukan dari sinar matahari. Semakin tinggi efisiensi panel surya, semakin banyak daya yang dapat dihasilkan dari panel surya dengan ukuran yang sama.

Setelah Anda memahami istilah-istilah tersebut, berikut adalah langkah-langkah untuk membaca kapasitas panel surya:

  1. Cari tahu wattpeak dari panel surya Anda. Wattpeak dapat ditemukan dalam spesifikasi panel surya.
  2. Hitung efisiensi panel surya Anda. Efisiensi panel surya dapat dihitung dengan membagi kapasitas panel surya dengan wattpeak dan mengalikannya dengan 100%.
  3. Hitung kapasitas panel surya Anda. Kapasitas panel surya dapat dihitung dengan mengalikan wattpeak dengan efisiensi panel surya.

Contoh: Jika wattpeak panel surya Anda adalah 250 Wp dan efisiensi panel surya Anda adalah 15%, maka kapasitas panel surya Anda adalah 37,5 W (250 x 15% = 37,5).

Dalam beberapa kasus, kapasitas panel surya juga dapat diukur dalam kilowatt-jam (kWh). Untuk menghitung kapasitas panel surya dalam kWh, Anda perlu mengalikan kapasitas panel surya dalam W dengan jumlah jam sinar matahari yang tersedia.

Penutup

Membaca kapasitas panel tenaga surya sangat penting untuk dapat membuat keputusan penggunaan panel surya yang terbaik dan memaksimalkan manfaat dari panel surya. Konsultasikan kapasitas panel surya yang Anda inginkan dengan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 5 × 4 =