Cara Perawatan Panel Surya Agar Tahan Lama dan Tetap Efisien

Sumber: Canva

Perawatan panel surya juga harus dilakukan agar tetap berfungsi dengan baik dan efisien dalam jangka waktu yang lama. Panel surya adalah alat yang sangat berguna untuk menghasilkan listrik dari energi matahari. Namun,

Cara Perawatan Panel Surya Agar Tahan Lama dan Tetap Efisien

Berikut ini tips dan trik untuk merawat panel surya agar tetap tahan lama dan efisien.

1. Membersihkan Panel Surya dengan Benar

  • Jangan Gunakan Bahan Kimia Berbahaya

Salah satu cara terbaik untuk merawat panel surya adalah dengan membersihkannya secara teratur. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan air bersih dan sikat lembut untuk membersihkan permukaannya. 

  • Membersihkan Panel Surya Saat Suhu Rendah

Jangan membersihkan panel surya saat suhu panas atau terlalu tinggi. Saat permukaan panel surya terkena sinar matahari, suhu panel surya bisa menjadi sangat tinggi dan ini dapat menyebabkan kerusakan pada panel surya saat terkena air dingin. 

2. Memeriksa dan Membersihkan Kabel dan Terminal

  • Cek Kabel dan Terminal Secara Berkala

Panel surya terhubung dengan inverter melalui kabel dan terminal. Oleh karena itu, pastikan bahwa kabel dan terminal dalam keadaan bersih dan bekerja dengan baik. 

  • Bersihkan Kabel dan Terminal Secara Teratur

Kabel dan terminal yang kotor atau berkarat dapat menyebabkan kerusakan pada panel surya Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu membersihkan kabel dan terminal secara teratur.

3. Memperhatikan Posisi Panel Surya

  • Letakkan Panel Surya di Tempat yang Tepat

Posisi panel surya sangat penting dalam memaksimalkan efisiensi panel surya Anda. Panel surya harus terletak di tempat yang terbuka dan tidak terhalang oleh pohon atau bangunan yang dapat menutupi sinar matahari.

  • Pastikan Panel Surya Terpasang dengan Aman

Pastikan panel surya terpasang dengan aman dan kokoh untuk menghindari kerusakan atau bahaya pada panel surya Anda. Pastikan juga panel surya terpasang dengan benar dan terhubung dengan baik ke kabel dan inverter.

4. Lakukan Inspeksi Panel Surya Secara Teratur

  • Periksa Panel Surya Secara Rutin

Lakukan inspeksi panel surya secara rutin untuk memastikan bahwa panel surya dalam kondisi yang baik dan berfungsi dengan optimal. 

  • Catat Catatan dan Hasil Inspeksi
  • Catat catatan dan hasil inspeksi panel surya Anda dalam buku catatan.

Penutup

Dalam perawatan panel surya agar tahan lama dan efisien, Anda perlu membersihkan panel surya secara teratur, memeriksa dan membersihkan kabel dan terminal, memperhatikan posisi panel surya, dan melakukan inspeksi panel surya secara berkala. Percayakan perawatan panel Anda pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 20 = 25