Berapa Biaya per kWh Setelah Memasang Panel Surya?

biaya per kWh setelah pasang panel
sumber : canva

Memasang panel surya merupakan salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan listrik dari sumber energi fosil yang semakin berkurang. Namun, banyak yang masih bingung mengenai berapa biaya per kWh setelah pasang panel surya. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai cara menghitung biayanya.

Apa Itu Panel Surya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Panel surya adalah alat yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sel fotovoltaik yang menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Energi listrik ini kemudian disimpan di dalam baterai atau langsung digunakan.

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Penggunaan Listrik- Biaya per kWh Setelah Pasang Panel Surya

Untuk menghitung biaya listrik tenaga surya atau biaya per kWh di Indonesia, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung biaya listrik tenaga surya di Indonesia:

  1. Hitung Konsumsi Energi Anda
  2. Tentukan Ukuran Sistem Surya Anda
  3. Perhitungkan Biaya Instalasi
  4. Hitung Biaya Operasional

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Listrik Tenaga Surya di Indonesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya listrik tenaga surya di Indonesia. Berikut adalah beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan:

  1. Ukuran Sistem Surya
  2. Biaya Instalasi
  3. Kondisi Cuaca
  4. Kondisi Geografis
  5. Bahan Baku
  6. Sertifikasi

Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Hitung besarnya kebutuhan listrik harian

Langkah pertama adalah dengan menghitung berapa kebutuhan listrik harian yang dibutuhkan oleh rumah atau gedung Anda. Kebutuhan listrik harian ini dapat dihitung berdasarkan jumlah peralatan elektronik yang digunakan serta daya listrik yang dibutuhkan oleh masing-masing peralatan.

2. Hitung daya yang dihasilkan oleh panel surya

Langkah kedua adalah dengan menghitung daya yang dihasilkan oleh panel surya. Daya yang dihasilkan ini tergantung pada ukuran dan jumlah panel surya yang dipasang. Untuk menghitung daya yang dihasilkan, Anda dapat menggunakan rumus:

Daya = Luas panel surya x Efisiensi panel surya x Intensitas sinar matahari

3. Hitung biaya per kWh

Langkah terakhir adalah dengan menghitung biaya per kWh yang diberlakukan oleh PLN. Biaya per kWh ini dapat berbeda-beda tergantung pada daerah dan jenis tarif yang dipilih.

Setelah Anda mengetahui ketiga hal tersebut, Anda dapat menghitung biaya penggunaan listrik tenaga surya dengan menggunakan rumus berikut ini:

Biaya = (Jumlah kebutuhan listrik harian x 30 hari x Harga per kWh) / (Daya yang dihasilkan oleh panel surya x 30 hari)

Penutup

Menghitung biaya per kWh setelah pasang panel surya memang membutuhkan perhitungan yang cermat dan teliti. Namun, dengan memasang panel surya, pengguna akan dapat menghemat biaya listrik dalam jangka panjang. Mari gunakan panel surya di rumah Anda dengan jasa Atonergi!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 2 = 16