Berapa Biaya Pasang Panel Surya untuk Rumah?

Berapa Biaya Pasang Panel Surya untuk Rumah?

Berapa Biaya Pasang Panel Surya untuk Rumah?
sumber: pixabay

Berapa Biaya Pasang Panel Surya untuk Rumah? Pertanyaan ini mungkin sering muncul dalam benak kita ketika ingin memanfaatkan energi surya sebagai sumber listrik di rumah. Pasang solar panel tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, tetapi juga untuk keuangan kita. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas berapa biaya pasang panel surya untuk rumah, keuntungan yang bisa didapat, serta hal-hal penting yang perlu diketahui sebelum memasang panel surya di rumah.

Biaya Pasang Panel Surya untuk Rumah

Berapa biaya pasang panel surya untuk rumah? Harga panel surya bervariasi tergantung pada ukuran, merek, dan kualitas panel surya yang akan dipasang. 

Selain harga panel surya, biaya pasang panel surya juga dipengaruhi oleh biaya instalasi, biaya kabel dan aksesoris, serta biaya pemasangan inverter dan baterai jika dibutuhkan.

Keuntungan Pasang Panel Surya untuk Rumah

Berikut ada beberapa keuntungan memasang solar panel:

1.Hemat Biaya Listrik

Pasang panel surya di rumah dapat menghemat biaya listrik bulanan kita. Panel surya menghasilkan listrik dari energi matahari yang gratis, sehingga kita tidak perlu membayar biaya listrik bulanan yang tinggi.

2.Lingkungan Lebih Baik

Dengan memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listrik, kita membantu mengurangi emisi karbon yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik konvensional. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

3.Nilai Properti Lebih Tinggi

Rumah yang menggunakan panel surya biasanya memiliki nilai properti yang lebih tinggi daripada rumah yang tidak menggunakan panel surya. Hal ini disebabkan oleh keuntungan finansial yang diperoleh dari penghematan biaya listrik bulanan.

Hal yang Perlu Diketahui sebelum Pasang Panel Surya di Rumah

Berikut ada hal yang peru diketahui sebelum memasang solar panel:

1.Kondisi Atap Rumah

Pastikan kondisi atap rumah dalam kondisi baik dan kuat untuk menopang panel surya. Atap yang lemah atau bocor dapat mengganggu pemasangan dan membuat panel surya tidak bekerja maksimal.

2.Lokasi dan Arah Rumah

Lokasi dan arah rumah juga perlu diperhatikan sebelum memasang panel surya. Pastikan rumah mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari. Rumah yang terlalu banyak tertutupi oleh bangunan atau pohon dapat mengurangi efektivitas panel surya.

3.Izin Pemasangan

Sebelum memasang panel surya, pastikan untuk memperoleh izin pemasangan dari pihak terkait. Berikutnya, perlu memperoleh izin pemasangan dari pihak berwenang, seperti PLN atau instansi terkait. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pemasangan panel surya dilakukan secara legal dan aman.

4.Perhitungan Daya yang Dibutuhkan

Sebelum memasang panel surya, perlu dilakukan perhitungan daya yang dibutuhkan oleh rumah. Hal ini dapat membantu menentukan berapa banyak panel surya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah.

Penutup

Biaya pasang panel surya untuk rumah bervariasi tergantung pada ukuran, merek, dan kualitas panel surya yang akan dipasang. Jika anda ingin memasang solar panel, Hubungi Atonergi untuk jasa pasang terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 84 + = 87