Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan dalam Garansi Panel Surya?

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan dalam Garansi Panel Surya?

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan dalam Garansi Panel Surya?
sumber: pixabay

Anda baru saja membeli panel surya untuk rumah Anda dan Anda ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan investasi terbaik untuk uang Anda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah garansi panel surya yang disediakan oleh produsen. Dalam artikel ini, kami akan membahas Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan.

Jenis-jenis Garansi Panel Surya

Sebelum membeli solar panel ini , Anda perlu memahami jenis-jenis garansi yang tersedia. Ada tiga jenis garansi yang umum ditawarkan oleh produsen:

1.Garansi Kinerja

Garansi kinerja menjamin bahwa solar panel akan berkinerja seperti yang dijanjikan oleh produsen. Garansi ini umumnya berlangsung selama 25 tahun dan biasanya mencakup efisiensi output, daya tahan, dan penurunan kinerja seiring waktu.

2.Garansi Produk

Garansi produk menjamin bahwa solar panel bebas dari cacat material dan konstruksi selama periode garansi. Garansi ini umumnya berlangsung selama 10 tahun dan mencakup kerusakan yang disebabkan oleh bahan atau masalah produksi.

3.Garansi Pemasangan

Garansi pemasangan menjamin bahwa pemasangan solar panel akan dilakukan dengan benar dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Garansi ini umumnya berlangsung selama 2 tahun dan mencakup kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pemasangan.

Tips dan Trik untuk Menjaga Garansi Panel Surya

Berikut merupakan tips dan triknya:

1.Memahami Ketentuan Garansi

Sebelum membeli panel surya, pastikan untuk membaca dan memahami ketentuan garansi. Pastikan Anda mengetahui apa yang dicakup oleh garansi dan berapa lama garansi berlaku.

2.Melakukan Pemeliharaan Rutin

Melakukan pemeliharaan rutin pada solar panel adalah penting untuk menjaga agar panel surya berkinerja optimal dan memastikan garansi tetap berlaku. Pastikan Anda membersihkan panel surya secara teratur dan memeriksa apakah ada kerusakan atau masalah yang perlu diperbaiki.

3.Menghindari Tindakan yang Dapat Membatalkan Garansi:

Beberapa tindakan dapat membatalkan garansi solar panel, seperti memasang solar panel ini oleh orang yang tidak berpengalaman atau tidak memiliki lisensi, memodifikasi atau memperbaiki panel surya sendiri, atau menggunakan aksesori yang tidak disetujui oleh produsen. Pastikan Anda tidak melakukan tindakan-tindakan tersebut yang dapat membatalkan garansi.

4.Membuat Catatan

Penting untuk membuat catatan mengenai pemeliharaan dan perbaikan panel surya. Catat tanggal pemeliharaan, apa yang dilakukan, dan siapa yang melakukan pemeliharaan. Hal ini akan membantu Anda mengingat kapan terakhir kali panel surya dilakukan pemeliharaan dan dapat membantu Anda memantau kinerja panel surya.

5.Menghubungi Produsen

Jika Anda mengalami masalah dengan panel surya, jangan mencoba memperbaikinya sendiri atau membawanya ke tukang listrik yang tidak berpengalaman. Segera hubungi produsen panel surya dan jelaskan masalah yang Anda alami. Produsen dapat membantu Anda menyelesaikan masalah dan memastikan garansi tetap berlaku.

Penutup

Dalam membeli solar panel ini, memperhatikan garansi solar panel yang disediakan oleh produsen sangatlah penting. Jika anda ingin mendapatkan Garansi panel surya yang lama dan terbaik, Anda bisa memasang dengan jasa pasang Atonergi terbukti dapat Garansi.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 8 = 24