perbedaan panel surya monokristalin dan polikristalin

Apa Perbedaan Panel Surya Monokristalin dan Polikristalin?

Apa Perbedaan Panel Surya Monokristalin dan Polikristalin?
sumber: pixabay

Di era modern saat ini, kebutuhan akan energi listrik semakin meningkat, dan semakin banyak orang mencari cara untuk menghasilkan energi listrik mereka sendiri. Namun, dalam pemilihan perbedaan panel surya monokristalin dan polikristalin, Anda akan menemukan berbagai jenis.

Apa itu Panel Surya Monokristalin?

Panel Surya Monokristalin terbuat dari satu kristal silikon. Ini membuatnya lebih efisien dalam menghasilkan listrik daripada panel surya polikristalin. Panel surya monokristalin memiliki warna hitam solid dan memiliki potongan sudut kotak yang sempurna.

Apa itu Panel Surya Polikristalin?

Panel Surya Polikristalin terbuat dari beberapa kristal silikon. Namun, Panel surya ini biasanya lebih murah daripada panel surya monokristalin karena bahan baku yang digunakan lebih murah. Panel surya jenis ini memiliki warna biru atau ungu, dan memiliki sudut yang tidak sempurna pada potongan sudutnya.

Apa Perbedaan Panel Surya Monokristalin dan Polikristalin?

1.Efisiensi

Panel Surya Monokristalin lebih efisien dalam menghasilkan listrik daripada panel surya polikristalin. Ini disebabkan karena bahan baku yang digunakan dalam pembuatan panel surya monokristalin lebih murni dan terstruktur dengan baik. Namun, perbedaan efisiensi antara keduanya tidak terlalu signifikan, sekitar 2-5%.

2.Warna

Panel Surya Monokristalin memiliki warna hitam solid, sementara panel surya polikristalin memiliki warna biru atau ungu.

3.Harga

Harga panel surya polikristalin biasanya lebih murah daripada panel surya monokristalin karena bahan baku yang digunakan lebih murah.

4.Karakteristik Suhu

Panel Surya Monokristalin memiliki karakteristik suhu yang lebih baik daripada panel surya polikristalin. Ini berarti bahwa panel surya monokristalin lebih efisien dalam menghasilkan listrik pada suhu yang lebih tinggi.

5.Umur

Panel Surya Monokristalin memiliki umur lebih lama daripada panel surya polikristalin. Ini karena panel surya monokristalin lebih tahan lama dalam kondisi cuaca yang berat.

Penutup

Dalam memilih solar panel tersebut, Baik Perbedaan Panel Surya keduan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pemilihan panel surya harus disesuaikan dengan kebutuhan energi Anda dan faktor-faktor lain seperti anggaran dan kondisi iklim. Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, Hubungi Atonergi untuk konsultasi dan desain PLTS Gratis!

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 3 × = 15