Apa Saja Jenis Inverter Panel Surya yang Tersedia?

Apa Saja Jenis Inverter Panel Surya yang Tersedia?

Apa Saja Jenis Inverter Panel Surya yang Tersedia?
sumber: pixabay

Penggunaan energi surya semakin populer dan banyak orang memasang panel surya di atap rumah mereka. Namun, agar panel surya dapat menghasilkan listrik, ada komponen lain yang perlu diperhatikan yaitu jenis inverter panel surya.

Inverter panel surya berfungsi untuk mengubah arus searah (DC) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus bolak-balik (AC) yang dapat digunakan oleh peralatan elektronik di rumah.

Apa Saja Jenis Inverter Panel Surya yang Tersedia? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis inverter panel surya yang tersedia di pasaran.

Grid-Tied Inverter

Grid-tied inverter biasanya terhubung ke jaringan listrik PLN sehingga ketika panel surya menghasilkan listrik yang lebih dari yang dibutuhkan, listrik tersebut dapat dikirimkan kembali ke jaringan listrik dan dijual kembali ke PLN.

Kelebihan dari grid-tied inverter adalah harga yang relatif terjangkau dan kemudahan penggunaannya. Selain itu, grid-tied inverter juga dapat disesuaikan dengan panel surya yang berbeda-beda.

Namun, kekurangan dari grid-tied inverter adalah tidak dapat digunakan ketika jaringan listrik PLN mengalami gangguan. Selain itu, penggunaan grid-tied inverter juga harus memperhatikan peraturan yang berlaku.

Off-Grid Inverter

Off-grid inverter adalah jenis inverter solar panel yang tidak terhubung ke jaringan listrik PLN. Inverter ini lebih cocok digunakan di daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik PLN atau bagi mereka yang ingin mandiri dalam penggunaan energi.

Kelebihan dari off-grid inverter adalah dapat digunakan di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik PLN atau saat jaringan listrik mengalami gangguan. Selain itu, off-grid inverter juga dapat menghemat biaya listrik bulanan.

Namun, kekurangan dari off-grid inverter adalah harganya yang lebih mahal. Selain itu, off-grid inverter juga membutuhkan sistem baterai yang dapat menampung energi surya yang dihasilkan dan digunakan pada malam hari.

Hybrid Inverter

Hybrid inverter adalah jenis inverter panel surya yang dapat digunakan sebagai grid-tied inverter maupun off-grid inverter. Inverter ini biasanya dilengkapi dengan sistem baterai yang dapat menampung energi surya yang dihasilkan.

Kelebihan lain dari hybrid inverter adalah dapat menghemat biaya listrik bulanan dengan menggunakan energi surya yang dihasilkan. Hybrid inverter juga dapat digunakan saat jaringan listrik mengalami gangguan.

Namun, kekurangan dari hybrid inverter adalah harganya yang relatif lebih mahal. Selain itu, penggunaan hybrid inverter juga membutuhkan pemahaman dan pengetahuan yang lebih dalam tentang sistem inverter panel surya.

Micro Inverter

Micro inverter adalah jenis inverter panel surya yang dirancang untuk digunakan pada setiap panel surya. Setiap panel surya dilengkapi dengan satu unit micro inverter yang terhubung ke jaringan listrik di rumah.

Dengan micro inverter, setiap panel surya dapat menghasilkan energi sebanyak mungkin, bahkan saat satu atau beberapa panel surya mengalami bayangan atau kerusakan.

Namun, kekurangan dari micro inverter adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan inverter lainnya. Selain itu, pemasangan micro inverter juga membutuhkan waktu yang lebih lama dan kompleksitas yang lebih tinggi.

String Inverter

String inverter adalah jenis inverter panel surya yang paling sederhana. Inverter ini menghubungkan beberapa panel surya bersama-sama dalam satu rangkaian (string) dan mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik.

Kelebihan dari string inverter adalah harga yang relatif terjangkau dan kemudahan penggunaannya. Selain itu, string inverter juga dapat disesuaikan dengan panel surya yang berbeda-beda.

Namun, kekurangan dari string inverter adalah ketika satu panel surya mengalami bayangan atau kerusakan, maka produksi energi surya seluruh rangkaian panel surya juga akan terpengaruh.

Penutup

Dengan mengetahui jenis-jenis inverter panel surya yang tersedia, Anda dapat memilih jenis inverter yang sesuai. Hubungi Atonergi untuk memasang panel surya dan mendapatkan informasi terkait jenis inverter yang cocok untuk Anda.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 6 = 42