Apa itu Tenaga Surya dan Bagaimana Membangun Sistemnya?

Apa itu Tenaga Surya dan Bagaimana Membangun Sistemnya?

Apa itu Tenaga Surya dan Bagaimana Membangun Sistemnya?
sumber: pixabay

Bahan bakar fosil telah menjadi sumber energi dominan, namun hal tersebut datang dengan biaya yang mahal – secara finansial dan juga lingkungan. Inilah mengapa tenaga surya banyak diminati karena ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Di Indonesia, dengan cahaya matahari yang tersedia sepanjang tahun, tenaga surya sistem ini menjadi pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan.

Apa itu Tenaga Surya?

Sistem ini adalah energi yang dihasilkan dari sinar matahari. Energi ini dapat diubah menjadi listrik atau panas, dan digunakan sebagai sumber energi yang dapat diperbarui. 

Sistem ini tidak hanya bersih dan ramah lingkungan, tetapi juga bebas dari biaya bahan bakar dan bahan kimia berbahaya.

Bagaimana Cara Kerja Tenaga Surya?

Saat sinar matahari mengenai sel surya, photon (partikel kecil cahaya) diubah menjadi arus listrik oleh bahan semikonduktor seperti silikon. 

Arus listrik yang dihasilkan kemudian mengalir ke dalam inverter, yang mengubahnya menjadi arus listrik bolak-balik (AC) yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Membangun Sistem Tenaga Surya

Membangun sistem ini sendiri mungkin terdengar seperti tugas yang menakutkan, tetapi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti:

1. Tentukan Kebutuhan Energi Anda

Sebelum membangun sistem ini, Anda harus menentukan berapa banyak energi yang dibutuhkan oleh rumah atau bisnis Anda. Jumlah ini akan mempengaruhi ukuran sistem yang harus dibangun.

2. Pilih Panel Surya yang Sesuai

Panel surya adalah komponen penting dari sistem ini. Pilih panel surya yang memiliki efisiensi tinggi dan cocok untuk kebutuhan energi Anda. Pastikan untuk memperhatikan faktor-faktor seperti biaya, daya tahan, dan garansi.

3. Tentukan Lokasi dan Orientasi

Lokasi dan orientasi panel surya sangat penting untuk memaksimalkan pengumpulan sinar matahari. Pastikan panel surya ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari, dan dipasang pada sudut yang optimal.

4. Instalasi dan Koneksi

Setelah panel surya dipilih, tempatkan dan pasang panel pada atap atau area terbuka yang terkena sinar matahari. Kemudian, hubungkan panel surya ke inverter dan baterai untuk memungkinkan penyimpanan energi.

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Sistem ini membutuhkan perawatan dan pemeliharaan teratur untuk memastikan kinerjanya optimal. Pastikan untuk membersihkan panel surya untuk menghilangkan kotoran atau debu yang dapat mengurangi efisiensi panel. 

Selain itu, periksa komponen sistem secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan atau masalah koneksi.

6. Monitoring Kinerja Sistem

Pantau kinerja sistem tenaganya Anda secara teratur. Dengan memantau kinerja sistem, Anda dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat dan memperbaikinya sebelum masalah menjadi lebih besar.

Apa Keuntungan Membangun Sistem Panel Surya

Membangun sistem ini memiliki banyak keuntungan, di antaranya:

  • Menghemat Biaya Energi
  • Ramah Lingkungan
  • Meningkatkan Nilai Properti

Kesimpulan

Membangun sistem tenaga surya adalah investasi yang baik untuk masa depan. Selain menghemat biaya energi listrik bulanan, tenaga surya juga ramah lingkungan dan dapat meningkatkan nilai properti. 

Jangan ragu untuk mempertimbangkan membangun sistem tenaga surya untuk rumah Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan sistem ini, hubungi Atonergi dan dapatkan penawaran yang terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 10 × 1 =