Kebijakan Energi Bersih Pemerintah untuk Mendukung SDGs

Kebijakan Energi Bersih Pemerintah untuk Mendukung SDGs

Kebijakan Energi Bersih Pemerintah untuk Mendukung SDGs
sumber: canva

Saat ini, dunia sedang menghadapi tantangan besar dalam hal energi bersih dan lingkungan yang lestari. Upaya transisi energi bersih terus dikembangkan salah satunya melalui kebijakan energi bersih pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Dalam artikel ini, kita akan membahas kebijakan pemerintah Indonesia untuk mendukung SDGs energi bersih, serta dampak positif yang dihasilkan dari kebijakan tersebut.

Kebijakan Pemerintah Indonesia untuk Mendukung SDGs Energi Bersih

Berikut adalah beberapa kebijakan pemerintah Indonesia untuk mendukung SDGs energi bersih:

1. Rencana Aksi Nasional Energi Bersih (RAN-EB)

Rencana ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan penggunaan energi terbarukan. Tahun 2025, pemerintah Indonesia berencana untuk mencapai target 23% energi terbarukan dari total energi yang dihasilkan.

2. Program 1 Juta Rumah Listrik

Program ini menggunakan panel surya sebagai sumber listriknya, khususnya yang berada di wilayah terpencil dan sulit dijangkau oleh jaringan listrik sehingga membantu mempromosikan energi bersih di Indonesia. 

3. Kebijakan Fiskal untuk Energi Bersih

Beberapa kebijakan fiskal tersebut antara lain pengurangan pajak untuk energi terbarukan dan bahan bakar alternatif, serta pemberian insentif pajak untuk perusahaan yang berinvestasi di bidang energi bersih.

4. Program Kelistrikan Tanpa Tunggakan

Dalam program ini, pemerintah memberikan subsidi untuk masyarakat miskin agar dapat membayar tagihan listriknya secara tepat waktu. Dengan demikian, program ini membantu meningkatkan akses listrik bagi masyarakat Indonesia.

Dampak Positif Kebijakan Pemerintah Indonesia untuk Mendukung SDGs Energi Bersih

Kebijakan untuk mendukung SDGs energi bersih memiliki dampak positif yang signifikan, beberapa dampak positif tersebut antara lain:

1. Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Penggunaan energi bersih seperti energi terbarukan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Hal ini berdampak positif pada lingkungan dan kesehatan manusia.

2. Peningkatan Akses Listrik

Program 1 Juta Rumah Listrik dan Program Kelistrikan Tanpa Tunggakan membantu memperluas akses listrik bagi masyarakat Indonesia, terutama di wilayah yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik. 

3. Mendorong Investasi di Bidang Energi Bersih

Kebijakan fiskal untuk energi bersih dapat mendorong investasi di bidang energi bersih di Indonesia. Hal ini membuka peluang kerja baru dan meningkatkan perekonomian Indonesia.

Penutup

Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), kebijakan energi bersih pemerintah menjadi langkah besar dalam mempromosikan energi bersih dan berkelanjutan.  Masyarakat juga dapat turut serta dalam mendukung upaya penggunaan energi bersih.

Salah satunya dengan panel surya dengan matahari sebagai sumber energi ramah lingkungan. Jika Anda tertarik menjadi bagian dalam gerakan energi bersih di Indonesia, segera pasang panel surya Anda dan hubungi Atonergi untuk penawaran terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 71 − 62 =